Lihat ke halaman asli

Irfan Maulana

Buku Dan Pena Adalah Sahabat Saya

Hobi menulis adalah hobi saya selain membaca dan olahraga merupakan hobi dari saya .

Kalahkan Persija Jakarta, Persebaya Surabaya Juarai Piala Gubernur Jatim 2020

Diperbarui: 20 Februari 2020   23:18

Sumber:Detikcom

Ajang turnamen pramusim menjelang kompetisi Liga 1 Indonesia untuk musim 2020 bernama Piala Gubernur Jatim 2020 telah usai , dan sang juaranya adalah tim Bajul Ijo Persebaya Surabaya yang dimana berhasil meraih kemenangan atas tim Macan Kemayoran Persija Jakarta dengan skor akhir 4-1 pada babak final yang berlangsung Kamis 20 Februari 2020 Sore tadi dan bertempat di Stadion Gelora Delta Sidoarjo Jawa Timur .

Pertandingan yang disaksikan juga oleh Gubernur Jawa Timur Ibu Khofifah Indar Parawansa berjalan menarik , sebelum memasuki babak final dan seperti diketahui juga , ajang Piala Gubernur Jatim 2020 ini diikuti oleh 8 tim , diantarnya 5 tim asal Jawa Timur seperti Persebaya Surabaya , Arema FC , Persela Lamongan , Madura United serta tim promosi Liga 1 yaitu Persik Kediri serta 3 tim lainnya ada Persija Jakarta , Bhayangkara FC dan tim asal Malaysia Sabah FA .

Dilaga sebelumnya pada babak semifinal , Persija Jakarta berhasil meraih kemenangan atas tim Madura United dengan skor akhir 2-1 sementara itu Persebaya Surabaya berhasil meraih kemenangan atas tim Arema FC dengan skor akhir 4-2 .

Memasuki babak final , pertandingan ini turut dihadiri oleh para suporter Persebaya Surabaya Bonek Mania yang sudah hadir di stadion sejak siang harinya sebelum pertandingan dimulai sementara untuk para suporter The Jakmania tim suporter Persija Jakarta tidak diizinkan datang ke Stadion Gelora Delta Sidoarjo . Selain itu aksi ini juga menjadi adu kekuatan antara dua striker Persebaya Surabaya yaitu David Da Silva serta Marko Simic dari Persija Jakarta .

Wasit Dwi Purba Adi meniup peluit dan kick off pertandingan babak final pun dimulai , baik Persebaya Surabaya asuhan pelatih Aji Santoso maupun Persija Jakarta yang dilatih oleh Sergio Farias mulai melakukan aksi jual beli serangan sejak menit awal namun tidak butuh waktu lama setelah Persebaya Surabaya berhasil unggul lebih dulu lewat gol Oktavianus Fernando pada menit ke '3 dan skor 1-0 untuk keunggulan tim Bajul Ijo .

Namun pada menit ke '31 Persija Jakarta harus bermain dengan 10 pemain setelah bek mereka Ryuji Utomo mendapat hadiah kartu merah dari wasit akibat pelanggan yang dilakukan kepada salah satu pemain Persebaya Surabaya . 

Tapi disisi lain , Persija Jakarta justru berhasil menyamakan kedudukan menjadi imbang 1-1 lewat gol Marko Simic setelah menerima umpan dari Riko Simanjuntak pada menit ke '43  dan skor 1-1 tetap bertahan hingga babak pertama usai .

Memasuki babak kedua , Persebaya Surabaya dan Persija Jakarta tetap berusaha tampil menyerang dan kembali tim asuhan pelatih Aji Santoso Persebaya Surabaya kembali berhasil mencetak gol lewat gol Makan Konate dimenit ke '52 serta dua menit berselang lewat gol Ricky Kambuaya dimenit ke '54 dan membuat tim Bajul Ijo Persebaya Surabaya menjadi unggul dengan skor 3-1  .

Sampai pada akhirnya , pemain anyar Persebaya Surabaya asal Palestina Mahmoud Eid berhasil menjebol gawang Persija Jakarta yang dijaga oleh penjaga gawang Shahar Ginanjar pada menit ke '80 dan membuat Persebaya Surabaya unggul dengan skor 4-1 . Dan skor tidak berubah hingga babak kedua usai dengan keunggulan tim Bajul Ijo Persebaya Surabaya asuhan pelatih Aji Santoso .

Dengan demikian Persebaya Surabaya berhasil meraih gelar juara Piala Gubernur Jatim 2020 , setelah terakhir kali adalah Arema FC pada edisi Piala Gubernur Jatim 2013 , sementara itu untuk top skorer berhasil diraih oleh Marko Simic dari Persija Jakarta dengan total 6 gol . Untuk selanjutnya , baik Persebaya Surabaya maupun Persija Jakarta akan bersiap untuk menghadapi kompetisi Liga 1 Indonesia di musim 2020 ini bersama total 18 tim lainnya termasuk tim promosi seperti Persik Kediri , Persita Tangerang serta Persiraja Banda Aceh .

Selamat untuk tim Bajul Ijo Persebaya Surabaya , demikian saya Irfan Maulana terima kasih dan salam olahraga .

Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline