Lihat ke Halaman Asli

Ira Lathief

TERVERIFIKASI

A Friend for Everybody, A Story Teller by Heart

Sosok Sarinah yang Mempesona di Pameran Lukisan Koleksi Istana

Diperbarui: 30 Agustus 2018   07:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kira kira seperti di atas inilah Sosok Sarinah , ibu asuh Soekarno sekaligus wanita yg mempengaruhi pemikiran2 Soekarno sejak kecil. Nama Sarinah diabadikan Soekarno mjd nama shopping mall pertama dan gedung pencakar langit pertama.di Jakarta.

Nama Sarinah juga diabadikan Soekarno dalam buku berjudul Sarinah. Dalam buku tsb, terinspirasi oleh sosok Sarinah, Soekarno menuliskan sosok perempuan ideal Indonesia. Bahwa nasib perempuan terletak pada tangannya sendiri, dan juga bahwa perempuan harus ikut serta dalam mengisi kemerdekaan Indonesia.

Sosok Sarinah yang dilukis oleh Wiwiek Soemitro ini adalah salah satu lukisan yg ada dlm Pameran Koleksi Lukisan Istana di Galeri Nasional yg berlangsung hingga 30 agustus 2018.  Sarinah dlm lukisan ini digambarkan sebagai perempuan yg anggun dengan kebaya dan sanggul, dan menggenggam buku yg mencerminkan pancaran kekuatan dan kecerdasan seorang perempuan.

Dari semua pameran lukisan yg banyak diadakan di Jakarta, pameran rutin lukisan koleksi istana yang biasanya digelar tiap jelang peringatan Kemerdekaan RI adlh yang paling saya tunggu. Pameran Lukisan koleksi Istana ini digagas oleh Presiden Jokowi, dan tahun ini sdh berlangsung di tahun ketiga. Pameran lukisan koleksi istana sangat spesial, karena kita bisa melihat berbagai koleksi lukisan (langka dan mahal) koleksi ke enam Istana dari zaman Soekarno. Di masa hidupnya, Soekarno dikenal sbg kolektor lukisan, dan menyimpan hingga ribuan lukisan yang tersebar di 6 istana. Di zaman Soeharto, banyak koleksi lukisan istana yg hilang (dan ditengarai dicuri oleh orang2 dalam istana juga).

Baru di zaman Presiden Megawati, lukisan lukisan koleksi istana ini mulai didata dg serius dan dianggap sebagai Aset negara krn nilainya yg sangat tinggi. Satu Lukisan karya Raden Saleh yg dimiliki Istana misalnya, bisa dihargai senilai puluhan milyar. Beruntung di era Jokowi, publik bs melihat dan menikmati langsung berbagai lukisan mahal koleksi istana, yang sebelumnya hanya bs dilihat oleh kalangan terbatas.

Khusus untuk pameran koleksi istana tahun ini, juga dipamerkan dokumentasi sejarah Asian Games 1962 spt kliping2 berita, foto2 dll. Kalau Anda punya beberapa pilihan utk berkunjung ke satu saja pameran seni dlm Minggu ini, melihat pameran lukisan koleksi Istana di Galeri Nasional ini bs jadi pilihan yang bagus banget. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline