Lihat ke Halaman Asli

Insyiraa Bunga Putriana

Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta

Pementasan Drama dalam Kehidupan Sehari-hari: Teori Dramaturgi

Diperbarui: 13 Oktober 2022   15:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kehidupan setiap manusia di dunia ini tidak akan pernah lepas dari kata sosial, dunia sosial, maupun bersosialisasi. Manusia diciptakan untuk hidup secara bersama-sama dan saling membutuhkan karena pada dasarnya manusia bukan lah mahluk individu, melainkan mahluk sosial.

Makna atau arti dari sosial itu sendiri adalah semual hal yang berkaitan dengan masyarakat, hal ini juga berkaitan dengan bagaimana setiap individu berinteraksi antar satu sama lainnya. Erving Goffman memiliki satu teori yang membahas mengenai bagaimana individu di dunia sosial, teori tersebut adalah teori dramaturgi.

Goffman mengatakan bahwa ia fokus utama perhatiannya adalah  interaksi secara langsung atau dilakukan secara tatap muka antar individu. Setiap individu yang melakukan interaksi secara tatap muka tersebut dapat menampilkan "pertunjukan" apapun kepada lawan bicaranya, tetapi kesan yang di dapatkan oleh setiap orang terhadap pertunjukan atau penampilan itu tidak akan selalu sama dan bisa saja berbeda-beda.

Goffman berpendapat bahwasannya orang yang berinteraksi adalah orang yang ingin Dalam terjadinya proses interaksi tersebut, manusia atau setiap individu berperan sebagai aktor yang akan menampilkan sesuatu untuk mencapai berbagai macam tujuan tertentu melalui "pertunjukkan" yang dilakukannya.

Konsep yang digunakan Goffman berasal dari gagasan-gagasan Burke, dengan demikian pendekatan dramaturgi sebagai salah satu varian interaksionisme simbolik yang sering menggunakan konsep "peran sosial" dalam menganalisis interaksi sosial.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline