Lihat ke Halaman Asli

Inosensius I. Sigaze

TERVERIFIKASI

Membaca dunia dan berbagi

Suku Bunga Tabungan 0 Persen dan Alarm Krisis Dunia Perbankan

Diperbarui: 17 September 2022   08:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Suku bunga 0 persen dan alaram krisis dunia perbankan | Dokumen pribadi oleh Ino

Apa artinya bank, jika suku bunga tabungan itu mencapai angka nol persen?  Lebih baik punya bunga 0,70 % per tahun daripada 0 % per tahun. Ada apa dengan fenomena suku bunga 0%? Waktunya telah tiba untuk bijak menata keuangan.

Sorotan tema tentang dunia perbankan dan suku bunga tabungan 0 % merupakan berita teraktual di awal musim gugur di Eropa. Apakah ada yang heran dengan kenyataan suku bunga tabungan 0 %? 

Terasa sekali bahwa hingga hari ini dunia perbankan hampir merata di seluruh dunia terguncang oleh terpaan asap perang Rusia dan Ukraina.

Sanksi ekonomi ujung-ujungnya menyeret perbankan ke sudut kritis yang tanpa kompromi. Apakah suku bunga 0 % adalah bagian dari alternatif strategis di tengah krisis ekonomi yang mulai mengglobal ini?

Jika suku tabungan di bank 0 % apakah masih ada nasabah yang menyimpan uang mereka di bank atau kemungkinan nasabah beralih ke instrumen lain?

Ada beberapa prediksi terkait penetapan suku bunga tabungan beberapa bank di Indonesia mencapai 0 persen per tahun:

1. Bank yang memberlakukan suku bunga 0 persen akan kehilangan nasabahnya?

Ada banyak kemungkinan yang bisa saja muncul sebagai prediksi dari keputusan suku bunga 0 persen itu sendiri. Kemungkinan yang sangat mungkin terjadi adalah bahwa bagi nasabah yang selama ini hidup dari bunga simpanan mereka, lalu mereka harus kehilangan suku bunga.

Kehilangan suku bunga bagi mereka bisa saja menjadi alasan perubahan rencana belanja keluarga dan perusahan mereka. Nah, apakah dengan kenyataan perubahan seperti itu tetap menjadikan nasabah bertahan setia menjadi nasabah bank dengan suku bunga 0 persen?

Kalau nasabah masih bertahan, maka hal itu merupakan sesuatu yang sangat menguntungkan pihak bank, tetapi jika toh sebagian nasabah mengundurkan diri, maka bisa-bisa keputusan suku bunga 0 persen adalah bencana buat bank itu sendiri.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline