Lihat ke Halaman Asli

Meningkatkan Keterampilan Menulis dengan Media Canva

Diperbarui: 8 Juni 2023   12:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Meningkatkan keterampilan menulis peserta didik pada materi Narrative text fairy tales metode Problem Based Learning dengan media canva di SMP Negeri 1 Nguter

Pada pembelajaran Bahasa Inggris kelas IX semester genap, KD 4.7  Menyusun teks narratif lisan dan tulis terkait fairytales dengan memperhatikan fungsi sosial,struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

Namun pada kenyataannya ditemukan bahwa masih rendahnya keterampilan dan motivasi menulis peserta didik untuk menulis narrative text tersebut dan itu disebabkan oleh metode dan media pembelajaran yang kurang menarik.

Hamid, A. (2019). Berbagai metode mengajar bagi guru dalam proses pembelajaran.Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 9(2), 1-16. Retrieved  

Guru hendaknya dalam menciptakan dan menerapkan metode pembelajaran dengan baik, agar siswa dapat dengan mudah memahami dan mengerti segala apa yang disampaikan oleh guru di dalam kelas sehingga dapat meningkatkan pemahaman bagi siswa dalam proses pembelajaran. Seorang guru hendaknya banyak menguasai berbagai macam metode pembelajaran sehingga guru dapat dengan mudah menyampaikan segala sesuatu dalam proses belajar mengajar sehingga siswa dapat dengan mudah memahami segala apa yang disampaikan oleh guru.

Oleh karena itu penulis menggunakan metode Problem Based Learning dan memanfaatkan penggunaan teknologi aplikasi canva sebagai media yang menarik bagi peserta didik  untuk menulis narrative text fairy tales.

Pemilihan model pembelajaran PBL dapat menumbuhkan keaktifan peserta didik selama pembelajaran karena sintak-sintak model pembelajaran PBL berpusat pada peserta didik

Penggunaan Canva sebagai media pembelajaran sangat membantu dan memudahkan peserta didik dalam menulis narrative text "fairy tales" dan mengasah kreatifitas peserta didik dalam membuat karya  secara digital. Hal ini membuat peserta didik tertarik karena media yang digunakan tidak membosankan.

Dapat dilihat pada saat peserta didik telah berhasil menulis narrative text "fairy tales" dengan desain sendiri. Peserta didik terlihat sangat puas dengan hasil karyanya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline