Lihat ke Halaman Asli

Syaiful W. HARAHAP

TERVERIFIKASI

Peminat masalah sosial kemasyarakatan dan pemerhati berita HIV/AIDS

Tes HIV Dilakukan oleh Teman dengan Alat Tes yang Dibeli Sendiri

Diperbarui: 12 Januari 2019   10:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi (Sumber: wreg.com)

Tanya Jawab AIDS No 4/Januari 2019

Pengantar. Tanya-Jawab ini adalah jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan yang dikirim melalui surat, telepon, SMS, dan e-mail. Jawaban disebarluaskan tanpa menyebut identitas yang bertanya dimaksudkan agar semua pembaca bisa berbagi informasi yang akurat tentang HIV/AIDS. Tanya-Jawab AIDS ini dimuat di: "AIDS Watch Indonesia" (http://www.aidsindonesia.com) dan kompasiana.com/infokespro. Yang ingin bertanya, silakan kirim pertanyaan ke Syaiful W. Harahap, melalui: (1) Telepon (021) 8566755, (2) e-mail: aidsindonesia@gmail.com, (3) SMS 08129092017, dan (4) WhatsApp:  0811974977. Redaksi.

*****

Tanya:  Aku terkena HIV. Temanku yang tes. Alat tesnya dia beli sendiri. Aku gak tahu apa obatnya. Bisa tolong?

"Xz" di Makassar, Sulsel (via WA, Des 2018)

Jawab: Pertama, tes HIV harus dilakukan oleh tenaga ahli yang terlatih, di fasilitas kesehatan yang direkomendasi pemerintah, dengan reagen yang diakui, dan dengan teknik yang diakui.

Kedua, ada konseling sebelum dan sesudah tes HIV.

Ketiga, orang-orang yang dianjurkan menjalani tes HIV secara sukarela adalah orang-orang yang pernah atau sering melakukan perilaku seksual berisiko, yaitu:

(1). Laki-laki dewasa heteroseksual yang sering melakukan hubungan seksual tanpa memakai kondom dengan perempuan yang berganti-ganti, di dalam nikah (kawin-cerai) dan di luar nikah (zina, selingkuh, dll.), di wilayah sendiri, di luar wilayah sendiri. dan di luar negeri.

(2). Laki-laki dewasa heteroseksual yang sering melakukan hubungan seksual tanpa memakai kondom dengan perempuan yang sering berganti-ganti pasangan, yaitu pekerja seks komersial (PSK) langsung atau PSK tidak langsung.

Yang dimaksud dengan:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline