Lihat ke Halaman Asli

H.I.M

TERVERIFIKASI

Loveable

Ayo Belajar Makna Hidup dari Kisah Nokia

Diperbarui: 24 Maret 2022   01:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Produk Nokia yang Sempat Populer. Sumber Inet Detik

Bagi generasi era 1990-an pasti familiar dengan brand telepon seluler Nokia yang memiliki homebase di Finlandia. Nokia bahkan sempat menjadi merk terpopuler di tahun 2000-an dan merajai penjualan produk seluler khususnya di kawasan Asia. 

Melalui tagline connecting people seakan mengisyaratkan bahwa kehadiran Nokia akan mampu menghubungkan orang disekitar.

Saya ingat ada beberapa produk keluaran Nokia yang paling banyak diincar oleh konsumen. Ini dikarenakan ada beberapa tipe series yang dikeluarkan oleh Nokia sesuai dengan pangsa pasar. 

Contohnya kode depan 1 dan 2 seperti Nokia 1100 dan 2300 adalah produk Nokia basic yang diperuntukan untuk mereka yang mencari handphone untuk kebutuhan dasar seperti telepon dan SMS. Meskipun seri 2 ada yang dilengkapi kamera namun umumnya hanya berkualitas VGA. 

Seri N lebih ditekankan pada multimedia. Maka tidak heran pada seri ini dari sisi kamera, media pemutar video hingga memori internal terkenal cukup mumpuni. Contoh N70, N73, N76, N90 ataupun N95.

Seri E dan 9 diperuntukan untuk mendukung aktivitas bisnis. Rata-rata produk seri ini ini memiliki tombol seri qwerty yang mirip keyboard PC atau laptop. Seri ini juga banyak terdapat fitur pendukung kerja seperti Microsoft. 

Tidak heran seri ini sangat diincar para eksekutif ataupun para pekerja kantoran yang ingin mencari gadget untuk mendukung aktivitas kerja mereka. Contohnya E61, E63, E71, Nokia 9100, ataupun Nokia 9500.

Saya menyadari bahwa banyak makna kehidupan yang bisa dipetik dari kisah perjalanan Nokia. Apa saja itu?

1. Hidup itu Kadang Diatas Kadang Pula Dibawah

Dulu Nokia sempat merajai pasar telepon seluler di tahun 2000an. Berawal dari pabrik pengolahan kertas di tahun 1865, seiring waktu Nokia mulai memberikan perhatian khusus terhadap pengembangan alat komunikasi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline