Lihat ke Halaman Asli

7 Perbedaan dan Manfaat SEO dan SEM

Diperbarui: 25 September 2020   20:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

darwindigital.com

Search Engine Optimization (SEO) dan Seach Engine Marketing (SEM) sama-sama berfungsi sebagai alat bantu mengoptimalkan traffic pengunjung website. Perbedaannya SEO tidak berbayar, namun SEM membutuhkan biaya sesuai Pay per click (PPC).

Dalam menambahkan traffic pengunjung, suatu website memerlukan bantuan melalui SEO maupun SEM. Anda sendiri apakah sudah paham perbedaan SEO dan SEM?

Mari simak penjelasan lebih lanjut dalam 7 perbedaan dan manfaat SEO dan SEM,

1. SEO tidak mengeluarkan biaya (gratis) berbeda dibandingkan dengan SEM yang membutuhkan biaya dan lebih mahal

2. SEO membutuhkan 2 minggu - 4 bulan untuk memberikan hasil traffic, sedangkan SEM lebih cepat hanya membutuhkan 1-2 hari saja

3. SEO membutuhkan pemahaman lebih dalam mengoperasionalkan, berbeda dengan SEM yang lebih mudah dan cocok bagi pemula

4. SEO tidak dapat mengontrol lalu lintas, berbeda dengan SEM yang dapat mengontrol serta memetakan lalu lintas.

5. SEO lebih banyak berperan sebagai promosi website untuk konten umum baik penjualan maupun tidak, sedangkan SEM sebagai promosi sebuah produk

6. SEO lebih sulit tampil pada laman pertama karena banyaknya saingan dan butuh kreativitas kata kunci, sedangkan SEM terjamin masuk pada laman pertama.

7. SEO cocok sebagai alternatif kampanye jangka panjang dan menurunkan kampanye margin, sedangkan SEM lebih cocok sebagai alternatif kampanye jangka pendek dan menaikkan kampanye margin.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline