Lihat ke Halaman Asli

Tebing Koja, Tebing Kapur yang Menjadi Obyek Wisata

Diperbarui: 20 September 2018   23:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tebing Koja/dokpri

Salah satu obyek wisata alam yang cukup populer dan menarik dikunjungi di kawasan Kabupaten Tangerang Banten yaitu Tebing Koja. Lokasinya berada di Kampung Koja Desa Cikuya Kecamatan Solear.

Akhir-akhir ini Tebing Koja makin ramai dikunjungi terutama di akhir pekan. Areal bekas tebing kapur seluas sekitar 2 (dua) hektar ini memang tidak dikelola secara profesional, hanya di urus oleh warga setempat secara swadaya dan dikelola ala kadarnya. Harga karcis masuk pun tarifnya ditetapkan atas kesepakatan warga.

Gapura menuju tebing/dokpri

Namun karena cerita dari mulut ke mulut dan postingan melalui media sosial Tebing Koja makin populer. Aku sendiri cukup penasaran hingga akhirnya menyempatkan waktu dan mengunjungi secara langsung.

Setelah melalui jalan setapak melalui gapura sederhana yang terbuat dari kayu, pengunjung akan menemui pemandangan tebing yang menakjubkan dengan panorama kolam air dibawahnya. Di sini pengunjung juga dapat menaiki perahu yang disewakan warga.

Proyek pengecoran jalan/dokpri

Tebing batu kapur ini awalnya hanyalah lahan kapur yang datar dan cukup luas. Seiring dengan perkembangan waktu dan akibat penggalian dan penambangan pasir yang telah terbengkalai akhirnya terbentuklah tebing  setinggi 10 meter seperti sekarang ini.Kolam air dibawahnya bukan bersumber dari mata air melainkan dari air hujan yang tertampung diatas lobang bekas galian tambang

Tebing batu kapur dapat dinaiki melalui undak-undakan dan jalan setapak yang dibuat warga. Beruntung, pemerintah daerah setempat membangun dan membuatkan jalan beton yang dapat dilalui kendaraan.

Kolam bekas penambangan/dokpri

Areal Tebing Koja/dokpri

Dari area ketinggian di atas tebing, pengunjung dapat menemukan spot foto yang menarik dengan berbagai latar. Sobat kompasianer kalau mau mencoba main ke Tebing Koja, untuk mendapat foto yang menarik baiknya datang pagi hari untuk memperoleh bayang matahari pagi dengan kesejukannya atau berkunjung sore hari saat suasana sunset, sehingga mendapat matahari senja yang menawan.

Coba mampir ke Tebing Koja, tempatnya cantik, unik dan mengasyikkan. Piknik Yuuukkk...

Salam malam. Salam 00.00.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline