Lihat ke Halaman Asli

Indah Nurul Safitri

INDAH NURUL SAFITRI

Best Practice Meningkatkan Keterampilan Bijak Bermedia Sosial Pada Peserta Didik Kelas XI TKJ SMK NU Hasyim Asy'ari dengan Layanan Bimbingan Klasikal Metode Problem Based Learning

Diperbarui: 14 Desember 2022   17:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Best practice merupakan istilah untuk menggambarkan pengalaman baik seseorang dalam menjalankan tugas profesinya. Best practice menjadi salah satu karya ilmiah seorang guru dalam membagikan pengalaman terbaik tentang keberhasilannya menyelesaikan permasalahan pembelajaran. 

Dalam menyusun best practice dapat diterapkan dengan menggunakan metode STAR.  STAR merupakan singkatan dari empat elemen yaitu situasi, tantangan, aksi, dan refleksi hasil dan dampak . Setiap elemen tersebut menjadi panduan langkah dalam menyusun best practice. 

Pada best practice yang saya susun ini, digunakan untuk memenuhi tugas praktik pembelajaran lapangan (PPL) di siklus ke-3 dalam PPG kategori 2 tahun 2022 di bawah LPTK Universitas PGRI Semarang bidang studi bimbingan dan konseling. Praktik pembelajaran lapangan (PPL) dilaksanakan di SMK NU Hasyim Asy'ari Kabupaten Tegal dengan sasaran kelas XI TKJ. Dalam pelaksanaan praktik pembelajaran lapangan (PPL) ini meliputi 2 kegiatan, yaitu layanan bimbingan klasikal dengan metode probelm based learning dan layanan konseling individu dengan pendekatan behavior teknik asertive training. 

Dokpri

Dokpri

Dokpri

Dokpri

Dokpri

Dokpri

Dokpri

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline