Lihat ke Halaman Asli

Jangan buang komputer tua yang Anda miliki

Diperbarui: 25 Juni 2015   03:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Beberapa bulan yang lalu saya membantu Migrasi Sistem Operasi pada Komputer disalah satu sekolahan, pada saat melakukan survei (pendataan) komputer yang ada gudang saya banyak menemukan "Komputer Prihatin" yang sebagian besar masih bisa nyala namun sudah tidak mampu menjalankan Sistem Operasi dan Aplikasi masa kini yang perkembangannya sangat cepat.

Karena dana yang tersedia untuk membangun Lab. Komputer disekolahan tersebut sangat terbatas, maka salah satu solusinya adalah memberdayakan kembali komputer-komputer prihatin tersebut agar bisa digunakan kembali, maka saya usulkan untuk menerapkan sistem LTSP.

Apa Itu LTSP?

  • LSTP singkatan dari Linux Terminal Server Project, LTSP merupakan sebuah proyek atau Aplikasi untuk membuat terminal server di Linux.

  • Dengan aplikasi LTSP tersebut maka client diskless dapat mengakses server Linux dan menjalankan berbagai aplikasi yang berjalan di atasnya.

  • Maksudnya: Satu server LTSP digunakan oleh client tanpa perlu harddisk, jadi client menjalankan OS atau Aplikasi yang ada di server, client cukup butuh support LAN Boot.

  • Komputer tua sekelas 486 dan Pentium I dengan RAM 16 MB keatas, dapat digunakan untuk menjalankan distro linux terbaru lengkap dengan berbagai aplikasinya.

Sumber: http://www.ltsp.org/

[caption id="" align="aligncenter" width="640" caption="Contoh diagram LTSP pada distro BlankOn"]

Contoh diagram LTSP pada distro BlankOn

[/caption]
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline