Lihat ke Halaman Asli

Iman Ridhwan Syah

My Life is My Adventure and Your Minds is Your Passion..

Bersama Untan Membangun Negeri

Diperbarui: 6 Juni 2018   15:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bersama UNTAN Membangun Negeri

Bersama UNTAN Membangun Negeri adalah cara mengubah negeri menjadi lebih baik, Alangkah baiknya terlebih dahulu untuk membahas tentang pendidikan, memang pada jaman sekarangini tepatnya di jaman modern pendidikan adalah suatu hal yang sangat penting sekali untuk di tempuh banyak orang, banyak orang mengatakan dengan adanya pendidikan dapat membuat masa depan lebih indah.

Hal ini memang benar sebab banyak orang mengaitkan pendidikan adalah suatu hal yang paling penting terutama bagi orang yang ingin mendapatkan ilmu dan menggali cita-citanya tersebut. Tahukah Anda bahwa menurut seorang tokoh yang bernama nelson ia mengatakan bahwa pendidikan adalah nomor 1 bagi mereka, sebab dengan adanya pendidikan itu sendiri Anda bisa mengubah dunia, maka dari itu jangan heran lagi apabila pendidikan merupakan suatu hal terpenting terutamanya bagi mereka yang ingin menempuh ke perguruan tinggi untuk membangun negeri lebih baik lagi.

Sebagai salah satu universitas yang tergolong ke negeri ini, untan mempunyai jalan atau prioritas yakni ingin membangun anak muda lebih berkualitas lagi dengan bergabung bersama universitas mereka, pastinya ada banyak sekali orang yang ingin berusaha masuk ke UNTAN, sebab sudah tergolong universitas negeri yang terletak di Kalimantan Barat. Perlu diketahui juga bahwa pada dasarnya jumlah mahasiswa yang ada di universitas Tanjung pura ini berkisar antara 30.687, pastinya dengan nominal angka tersebut sudah dapat dikatakan sangat banyak sekali, mengingat dari jumlahnya siswa tentunya ada banyak jurusan yang disajikan pada untan yang dapat dipilih oleh banyak orang terutama bagi yang hobi dalam bidangnya masing-masing untuk menentukan masa depan lebih cerah.

Bersama UNTAN Membangun Negeri

Dari pembagian banyaknya siswa tersebut, Anda juga wajib mengetahui berapa banyak fakultas yang ada pada untan tersebut, diantaranya adalah mempunyai 9 fakultas yakni fakultas keguruan, matematika, kehutanan, kedokteran, teknik, pertanian, ekonomi, ilmu sosial, dan fakultas ilmu pemerintahan yang di fungsikan sebagai target utama bersama Universitas Tanjungpura (UNTAN) Membangun Negeri yang beraskan Pancasila.

Ternyata tidak hanya itu saja, akan tetapi sudah memiliki 96 program studi mata kuliah bagi mahasiswa baru yang ingin melanjutkan menempuh perguruan tinggi disana tepatnya di Kalimantan Barat. Pada pasalnya ada 6 diploma yang ada di sana, yakni diantaranya adalah 63 S1, 2 S3, dan 22 S2.

Sejarah Singkat Universitas Tanjungpura (UNTAN)

Universitas Tanjungpura - Bersama UNTAN Membangun Negeri

Tahukah Anda bahwa universitas Tanjung pura atau sering disebut sebagai UNTAN ini ternyata adalah salah satu universal yang pernah didirikan tepatnya pada tahun 20 mei 1959, jadi dapat dikatakan umur universitas untan sangat tua sekali dan telah mendapat banyak sekali loyalitas sangat baik dari beberapa pengakuan mahasiswa lainnya, namun pada dasarnya untan pernah berada di bawah naungan yayasan perguruan tinggi bernama daya nasional dimana kategori pendidikan tersebut adalah swasta, itu hanyalah awal mulanya saja.

Kemudian seiring berjalannya tahun maka universitas yang bernama sebagai daya nasional diubah menjadi salah satu universitas negeri pontianak, keputusan tersebut diambil karena berdasarkan menteri PTIP tepatnya pada tahun 1963, sehingga nama universitas ini telah dinobatkan sebagai salah satunya di pontianak dalam membantu pemerintah untuk membangun negeri menjadi lebih baik.

Seiring berjalannya tahun maka universitas tersebut selanjutnya akan diganti lagi, pada tahun sekitar 1965 tepatnya di tahun tersebut diganti menjadi dengan sebutan nama universitas Dwikora, sesuai dengan kesepakatan banyak orang maka kemudian perguruan tinggi yang terletak di Kalimantan Barat ini ditetapkan dengan nama universitas Tanjung pura atau sering disebut sebagai UNTAN, hal ini pastinya sudah sesuai menurut keputusan Presiden RI tepatnya pada tahun 1967.

Bersama UNTAN Membangun Negeri

Perlu diketahui juga bahwa pada dasarnya dengan pengubahan nama universitas tersebut memang di ikuti perkembangan yang cukup stagnan, yakni ditambahkan dengan beberapa fakultas baru seperti fakultas pertanian yang pada itu dipelopori oleh Ir. Soedarso Rawidjo, bahkan tidak hanya itu saja akan tetapi masih ada banyak lagi tambahan fakultas yang cukup membangun lainnya yakni diantaranya adalah fakultas ekonomi, dan tata Niaga.

Universitas Negeri Tanjungpura (UNTAN) berada tepat di Jalan Ahmad Yani, Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat merupakan perguruan tinggi yang memang di gandrungi banyak sekali mahasiswa baru, sebab ada banyak sekali fasilitas yang ada disana, bahkan juga pendidikan program studi yang disuguhi kepada mahasiswa baru tergolong berkualitas sekali, dan pastinya hal ini sangat cocok untuk membangun negeri lebih baik lagi terutama di Indonesia.

Seling memasuki beberapa tahun, semenjak itu nama perguruan tinggi akan kembali lagi diubah yaitu dengan sebutan UNEP atau bisa dikatakan Universitas Negeri Pontianak, hal ini memang sesuai dengan pendapat para menteri PTIP dengan nomor 53 tepatnya pada tahun 1963, jadi bisa dikatakan pada nominal angka tahun tersebut memiliki sejarah yang sangat lama sekali. UNTAN memang adalah salah satu universitas terbaik yang sangat direkomendasikan di pontianak tepatnya di Kalimantan Barat,sebab tujuannya adalah memnbangunu negeri bersama dengan menempuh pendidikan yang lebih berkualitas.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline