Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Farhan

Mahasiswa di Universitas Brawijaya

Peranan Media Relations dalam Meningkatkan Branding Perusahaan

Diperbarui: 27 Januari 2023   10:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Dikutip dari Casa Kreatif Media relations merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan dalam dunia public relations atau PR. Kegiatan media relations merupakan salah satu aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan, untuk membangun citra positif perusahaan dengan menjalin kerjasama yang baik dengan media.

        Media relations atau relasi media adalah suatu interaksi yang dibangun oleh perusahaan dengan media massa, wartawan, atau pers. Interaksi ini dilakukan untuk memberikan informasi mengenai perusahaan kepada masyarakat.

         Tahukah Anda, perusahaan yang menjalin hubungan dengan berbagai media, tentu akan memudahkan perusahaan dalam meningkatkan branding mereka dengan baik. Sebab media adalah sarana publikasi, dimana segala informasi tentang perusahaan disalurkan, sehingga informasi tersebut dikonsumsi oleh masyarakat.

        Dengan memanfaatkan media relations, citra positif perusahaan akan terbangun dan berita miring atau gosip yang terjadi di dalam perusahaan dapat terselesaikan dengan baik.

        Jika ingin lebih mengetahui peran media relations dalam meluruskan berita miring yang terjadi di perusahaan, Anda dapat mengunjungi ulasan kami tentang 3 peranan media relations dalam menangani krisis perusahaan.

        Untuk lebih jelasnya, berikut adalah peran media relations dalam meningkatkan branding perusahaan.

Peranan Media Relations untuk Meningkatkan Brand Awareness

       Seiring perkembangan teknologi, semakin memudahkan perusahaan untuk mengembangkan branding mereka dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi, dengan adanya media berita online yang mengangkat opini-opini publik yang berkaitan dengan perusahaan yang disebar dengan hitungan detik melalui internet. Salah satu strategi perusahaan adalah mengirim artikel tentang perusahaan mereka ke media rilis untuk dipublikasi dengan tujuan branding dan semakin dikenal dan mendapatkan kepercayaan oleh masyarakat luas.

Baca Juga: Bagaimana Mengirim Artikel ke Media Rilis?

        Media relations merupakan salah satu strategi perusahaan dalam meningkatkan branding perusahaan dengan bekerja sama dengan meliput dan memberitakan yang positif tentang perusahaan, sehingga dapat meningkatkan brand awareness perusahaan.

Peranan Media Relations dalam Meningkatkan Penjualan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline