Lihat ke Halaman Asli

rokhman

TERVERIFIKASI

Kulo Nderek Mawon, Gusti

Lelaki yang Ragu dengan Pekerjaannya

Diperbarui: 30 September 2022   05:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi. FREEPIK/WAYHOMESTUDIO dipublikasikan kompas.com

Ini sebuah cerita yang aku dapatkan dari saudara. Cerita tentang lelaki yang ragu dengan pekerjaannya.

 Maaf aku tak mau menyebutkan jenis pekerjaannya. Tapi pekerjaan ini oleh sebagian orang dipandang negatif. Sebagian yang lain menganggap biasa saja.

Ceritanya, lelaki ini sudah lama bekerja. Namun, belakangan dia merasa tidak nyaman dengan pekerjaan itu. Di sisi lain, pekerjaan itu jadi penopang kehidupan ekonomi keluarga.

Satu ketika, si lelaki bicara dari hati ke hati dengan istrinya bahwa dia ingin mundur dari pekerjaan itu. Mendengar curahan hati suami, si istri meminta suami bertahan karena pekerjaan itulah penopang ekonomi keluarga.

Di lain waktu, si suami kembali bicara dari hati ke hati pada istrinya. Poinnya sama, yakni ingin mundur dari pekerjaannya. Si istri tetap ingin suami bertahan karena itulah penopang ekonomi keluarga.

Si istri tahu, pilihan kerja bagi suaminya tak banyak. Bahkan mungkin tak ada. Sebab keterbatasan modal. Baik modal uang atau kecakapan.

Di lain hari, si suami kembali berbicara dari hati ke hati dengan istri. Poinnya sama, ingin mundur dari pekerjaan. Berulang suami bicara hal yang sama, si istri tak tahan juga.

Si istri menangis sesenggukan. Dia meminta suaminya tetap bertahan di pekerjaan itu karena itulah penopang ekonomi keluarga.

Pertarungan batin luar biasa dari orang yang tak kaya raya. Orang yang biasa saja, dihadapkan pada kegundahan akan pekerjaannya.

Sampai pada akhirnya, si suami mundur dari pekerjaannya. Si istri menangis sesenggukan tiada tara.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline