Lihat ke Halaman Asli

Humas Masemba

MTs Negeri 9 Bantul

Mahasiswa Asistensi Mengajar di MTsN 9 Bantul Manfaatkan LKPD Guna Dongkrak Semangat Belajar Siswa

Diperbarui: 2 Mei 2024   09:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi pribadi

Bantul (MTsN 9 Bantul)---Guna meningkatan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Arab, salah satu mahasiswa Asistensi Mengajar, Rahmah memanfaatkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Kegiatan pembelajaran tersebut pada Kamis (02/05/2024) di ruang kelas VIII A MTs Negeri 9 Bantul.

Adapun materi yang diajarkan adalah kosakata tentang kesehatan, yang mana merupakan bab terakhir bahasa Arab kelas 8 semester genap. Setelah diberikan materi, siswa diminta untuk menentukan kosakata yang tepat sesuai gambar yang ada di LKPD tersebut.

Dalam paparannya, Rahmah menjelaskan bahwa LKPD itu banyak manfaatnya bagi siswa. Salah satunya adalah memberikan tugas-tugas yang mendorong pemahaman peserta didik terhadap materi yang diperoleh selama pembelajaran.

LKPD yang dibuat oleh Rahmah tentu sudah melalui beberapa tahapan. Diantaranya adalah analisis materi dan indikator yang terdapat pada materi pembelajaran, menganalisis karakter siswa melalui hasil wawancara dan diskusi dengan guru pamong, merancang dan membuat LKPD.

"Ya, LKPD sangat membantu saya sebagai mahasiswa asistensi mengajar. LKPD berfungsi sebagai sarana yang membantu dan mempermudah kegiatan belajar mengajar sehingga interaksi efektif antara peserta didik dengan pendidiknya dapat terwujud dan meningkatkan aktivitas serta prestasi belajar peserta didik," papar Rahmah. (mfd)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline