Lihat ke Halaman Asli

Y. Edward Horas S.

TERVERIFIKASI

Pendiri Cerpen Sastra Grup (cerpensastragrup.com)

Libur Panjang, Harus Jalan-jalan?

Diperbarui: 29 Oktober 2020   23:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber:iStockphoto

Ketika tulisan ini terbit, sudah memasuki hari kedua libur panjang di akhir Oktober. Tepatnya, Kamis 29 Oktober 2020. Masih tersisa tiga hari lagi untuk berlibur.

"Anda sudah ngapain aja selama libur?" Sengaja tidak kulontarkan pertanyaan ke mana. Karena, liburan tidak harus bepergian. Tidak salah juga bagi mereka yang memilih jalan-jalan.

Pemikiran tersebut berangkat dari definisi libur sendiri. Libur menurut KBBI adalah "bebas dari bekerja atau masuk sekolah". Tidak ada yang mengartikan libur adalah jalan-jalan. Itu hanya kebiasaan sebagian kita.

Namun, kebiasaan itu lama kelamaan diikuti sebagiannya lagi. Apalagi, penyebarannya (foto jalan-jalan) cukup cepat melalui media sosial, sehingga menggiurkan. Karena mayoritas, terpatrilah bahwa bila libur harus jalan-jalan. 

Bagaimana bila takada dana? Bagaimana bila tak boleh bepergian karena pandemi? Kita stres sendiri karena tidak bisa jalan-jalan. Padahal justru libur harusnya membahagiakan, bukan?

Liburan berarti kita bebas dari kebiasaan rutin. Yang masuk kantor bebas dari pekerjaan, yang sekolah bebas dari tugas sekolah. Bebas melakukan apa saja sesuai kehendak hati. Banyak cara sebetulnya dapat digunakan untuk menghabiskan liburan. Sekali lagi, tidak harus jalan-jalan.

Bersih-bersih rumah

Bagi sebagian kita, yang mencintai kerapian dan kebersihan, kegiatan bersih-bersih rumah pasti menjadi sesuatu yang menyenangkan. Melelahkan iya, tetapi ada kepuasan di sana.

Berhasil merapikan sudut-sudut rumah yang terbengkalai karena perhatian dan waktu kita tersedot rutinitas. Berkebun di halaman rumah termasuk salah satunya.

Membaca dan menulis

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline