Lihat ke Halaman Asli

Himawan

https://himfiles.blogspot.com/ ....... https://opensea.io/himpersada

HIMpersada20: 1-7 Agustus 2021 (Kilas Balik Musik 2005-2014: Bagian 2)

Diperbarui: 2 Agustus 2021   07:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. @himpublik

2005 : # New comer

Maliq 'n d'essentials mengejutkan publik dengan nuansa album jazzy yang dilemparkan ke pasar kala itu. Tak heran, grup mereka pun lalu digaet untuk memeriahkan acara musik festival JavaJazz yang mulai berlangsung kembali tahun ini, setelah sebelumnya sempat vakum atas nama JakJazz.

Nggak hanya "sound" baru yang bisa menggebrak pasar, mendaur ulang lagu yang usdah popular beberapa warsa sebelumnya pun tidak masalah asal dibuat secara kreatif. Maka tampillah Ello dengan membawakan ulang lagu bapaknya dengan kemasan baru, yang nyatanya meledak di pasaran bertajuk "Pergi untuk kembali".

Grup musik baru yang juga mencuat ke peredaran blantika musik dalam negeri adalah Tangga dan Kerispatih. Tangga berformat 2 penyanyi pria dan 2 penyanyi wanita, jenis musik yang mereka bawakan tergolong easy listening. Beda dengan Kerispatih yang lagu-lagunya mendayu diawal, namun terasa bertenaga di bagian reffrein.

Namun sayang sekali dengan nasib KOTAK, grup band jebolan realityshow Dreamband 2004 agaknya masih kurang greget untuk album pertamanya ini. Entah dengan juara Dreamband tahun 2005 ini, apakah masih bisa memperbaiki kesan ini ?

2005 : # Concerts

Setelah awal tahun 2005 ini Jakarta dibombardir oleh konser para musisi asing, maka mendekati bulan puasa beberapa bulan lalu bolehlah artis local membuat konsernya sendiri yang tentunya bisa berdaya jual tinggi. Selain konser bikinan Erwin Gutawa dengan various artist untuk acara "a tribute to Koes Plus", tersebutlah nama Ruth Sahanaya dan Titi DJ yang menyelenggarakan konser untuk kalangan fans mereka pribadi, yang tentunya bisa bayar tiket agak mahal dari tariff biasanya.

Yang juga tak boleh dilupakan ( karena berskala besar ) adalah tour konser Soundrenaline A Mild Live dan Salam Lebaran Gudang Garam serentak di banyak kota. Yach, mau gimana lagi untuk urusan mensponsori konser musik lokal lagi2 yang bersedia secara jor-joran masih produsen rokok.

2005 : # Reality music shows

Acara Indonesian Idol, AFI, dan KDI melahirkan banyak talenta artis muda yang "bisa" menyanyi, meski banyak dari mereka yang nyatanya susah masuk dapur rekaman dan akhirnya mentok jadi "pengamen" dari mal ke mal atau acara launching produk tertentu. Ada pula acara membentuk grupband "instant" dalam acara Dreamband dan mencari penyanyi serta pencipta lagu berbakat ( mirip LCLR Prambors beberapa tahun lalu ) dalam acara CILAPOP.

Sebentar lagi sebuah stasiun tv swasta akan menayangkan pula acara yang mengacu pada format pembuatan boyband, semacam program realityshow membentuk NKOTB, Backstreetboys, N'sync, sampai F4 versi local gitulah. Kapan yach misalnya ada acara semacam "The Osbourne", maksudnya membuat program sungguhan atas kehidupan sehari-hari personel Koes Plus, Peterpan, Rhoma Irama, atau tokoh musik lainnya.


2005 : # Soundtrack

Semakin menjamurnya kembali film2 Indonesia di bioskop membuat dinamika album soundtrack pun bermunculan kembali. Banyak film2 dalam negeri sendiri yang menggunakan tembang2 soundtrack selain sebagai pemanis adegan film, juga dijadikan ajang promo murah meriah diberbagai airplay radio. Lha, kalo pendengar denger suatu lagu tertentu bukankah nantinya bisa diasosiakan dengan satu film tertentu. Suatu komunikasi mutualisme.

Tersebutlah film2 yang mengusung tema lagu seperti : Tentang Dia, Me vs high heels, Cinta Silver, Dealova, Gie, Untuk Rena, Alexandria, Mirror, dan masih banyak lagi. Untuk kategori musik tema film ini, boleh dibilang Melly Goeslaw layak dinobatkan sebagai ratu pencetak soundtrack tahun ini.

 

Bersambung .......

Disclaimer : 

Weekly-chart yang saya buat ini bersifat subyektif adanya ( tanpa pengaruh endorse label maupun tim manajemen artis manapun ), jadi kalau ada beberapa tembang favorit anda yang mungkin tidak ada di daftar tangga lagu ini, harap maklum adanya. Namun tiap minggunya, saya tetap pantau juga beberapa chart radio yang menjadi referensi materi dalam meng-update penyusunan lagunya. Terima kasih.

Kritik, kontak & kerjasama : jukeboxlist@yahoo.co.id




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline