Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN UPI Kampus Cibiru Terlibat Memaksimalkan Pembelajaran Daring

Diperbarui: 6 Januari 2021   03:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

 Bandung – Mahasiswa yang terlibat dalam KKN pada masa pandemi pun memiliki kegiatan yang termodifikasi dengan ketentuan penanggulangan penyebaran COVID-19. UPI Kampus Cibiru turut serta dalam kegiatan KKN Tematik Pencegahan dan Penyebaran Dampak COVID-19. Setiap program yang dirancang menggunakan berbagai metode yang menghindari kegiatan tatap muka dalam waktu yang lama serta tidak melaksanakan kegiatan berkerumun.

Hilmi Fauziyyah, seorang mahasiswi UPI Kampus Cibiru yang terlibat dalam kegiatan KKN kali ini mengambil fokus terhadap dua tempat yaitu SDN 061 Cijerah, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung serta Lingkungan RW 11, Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi. Salah satu program yang dilaksanakan oleh membantu guru-guru dalam melaksanakan pembelajaran daring selama masa pandemi.

Kegiatan ini turut memberikan bantuan kepada para guru SDN 061 Cijerah dalam memberikan pembelajaran dengan metode pembelajaran yang terbilang baru tersebut. Selain baru, sarana yang diperlukan pun terkadang masih terdapat kekurangan terutama pada kualitas gawai serta kuota jaringan internet. Untuk mengatasi hal tersebut, SDN 061 Cijerah tidak hanya menerapkan satu metode berupa pembelajaran daring, namun melibatkan kegiatan home visit ke rumah siswa guna memberikan penguatan dari materi yang telah dipelajari sebelumnya.

Mahasiswi KKN dalam programnya bertindak untuk mengisi beberapa pertemuan pembelajaran, membantu guru melengkapi administrasi pembelajaran selama masa pandemi, serta turut melaksanakan kegiatan home visit. Pertemuan pembelajaran dilaksanakan melalui program komputer Google Meet pada tanggal 23 November dan 1 Desember 2020.

Selain menyajikan pembelajaran dengan materi tertentu, dalam setiap kegiatannya mahasiswi tersebut selalu mengingatkan ketentuan protokol kesehatan pada siswanya dalam setiap pertemuan pembelajaran. Hal ini menjadi upaya mahasiswi KKN yang mewakili Kampus UPI di Cibiru untuk terlibat memberikan sosialisasi dalam periode Adaptasi Kebiasaan Baru yang ditetapkan oleh Pemerintah Jawa Barat.

Penulis: Hilmi Fauziyyah | Rabu, 30 Desember 2020




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline