Lihat ke Halaman Asli

Cara Jitu Buat "Campaign" Sukses!

Diperbarui: 23 Agustus 2018   15:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Cara jitu buat campaign sukses on unsplash

Pernah merasa bahwa campaign yang kamu jalankan tidak berujung happy ending? Membuat campaign digital marketing memang bukan perkara yang mudah. Dibutuhkan waktu, riset pasar yang detail, analisa data, pertajam skill, serta membangun strategi untuk dapat melakukan eksekusi yang sempurna. 

Jika kamu ingin membuat campaign digital marketing yang tidak hanya sekedar menarik, tapi juga memiliki kekuatan untuk mengajak para audiance terlibat aktif di dalamnya, kamu memerlukan tips berikut ini. 

1. Cari tahu persona target audiance yang kamu tuju

Persona adalah penjelasan mendalam perihal karakteristik dari audiance. Cari tahu lebih dalam bagaimana karakteristik audiance-mu, kamu bisa mulai dengan melakukan wawancara dengan pihak yang lebih sering berhubungan langsung dengan mereka, seperti tim sales. Untuk membuat campaign yang tepat sasaran, diperlukan proses brainstorming untuk menghasilkan ide yang bervariasi dan siap dieksekusi.

2. Lakukan analisa kompetitor

Untuk selangkah lebih depan, kamu dapat melakukan analisa dari kompetitor. Tujuannya agar kamu lebih paham dengan image seperti apa campaign kamu akan dikenal oleh audiance dan apa yang membuat kamu berbeda dengan kompetitor. 

3. Sesuikan konten dengan persona target audiance

Setelah mengetahui persona, hal paling penting adalah sesuaikan konten dari campaign yang ingin kamu sampaikan dengan persona yang ada. Hal ini bertujuan agar konten yang disajikan sangat tepat sasaran dan mencerminkan hal-hal yang disukai atau dibutuhkan target audiance

4. Pilih media yang tepat

Konten yang dibuat sesuai dengan persona audiance, juga harus pas jika aplikasikan dengan media yang kamu pilih. Jika keputusanmu dan tim memilih media sosial sebagai media penyebaran campaign kali ini, kamu diharuskan buat konten yang friendly dengan media sosial tersebut. Pastikan campaign kamu mudah dibaca saat dibuka di dekstop atau mobile. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline