Lihat ke Halaman Asli

Hendry Gaol

Menulis yang terlintas

PLN oh.. PLN

Diperbarui: 23 April 2022   09:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kalau sudah mengadukan persoalan listrik dengan PLN, entah hanya perasaan saya saja, selalu terlintas perasaan pesimis bahwa aduan saya tidak akan ditanggapi. Benar saja, ketika ada kejadian krusial di kompleks kami yg berhubungan dengan rusaknya sebuah tiang PLN, di mana kami sudah melaporkan kejadian itu, hingga detik ini tidak pernah ditanggapi oleh pihak PLN secara serius.

Bermula ketika penghujung tahun lalu ada pohon tumbang di lingkungan RT kami, di mana pohon itu menimpa kabel listrik PL yang membentang di sisinya akibatnya tiang beton PLN tersebut retak dan miring. 

Kami, baik perorangan maupun secara resmi, pemerintahan RT sudah melayangkan aduan ke pihak PLN. Berbulan-bulan aduan itu di PLN namaun hingga detik ini pihak PLN tidak menanggapi aduan tersebut secara serius. Satu-satunya tindakan yang dilakukan oleh petugas PLN cabang terdekat adalah memindahkan kabel-kabel PLN ke tiang Telkom yang kebetulan berdiri berdekatan. Secara teknis, beban yg diberikan pada tiang telkom sudah berlebihan, dan tentu saja spesifikasi tiang telkom bukanlah untuk menahan berat kacel sebesar kabel PLN.

Kondisi tiang beton PLN hingga sekarang masih seperti semula, miring, dan di bagian bawah sudah retak besar yang kian hari kami lihat semakin besar retakannya.

Sudah berapa kali pengaduan, tetapi pihak PLN lewat 123 hanya mencatatkan nomor aduan, bahkan kami sudah mengumpulkan tanda tangan sebagai lampiran laporan kepada pihak PLN, tetapi hingga kini, tiang itu tidak diganti juga.

Minggu lalu, lewat media sosial facabook PLN saya juga melaporkan. Lagi-lagi hanya dicatat oleh admin tanpa aksi lanjutan yaitu mengganti tiang tersebut.

Baik Kak Hendry, laporannya telah Admin segera koordinasikan ke unit terkait dengan nomor pengaduan  G5422040108467 agar segera teratasi. Untuk mengetahui progres laporannya, Kak Hendry dapat melihat secara langsung melalui aplikasi PLN Mobile. Jika ternyata laporan telah dinyatakan selesai dalam status pelayanan, Kakak dapat melakukan konfirmasi atas layanan kami dalam waktu 1x6 jam baik melalui PLN Mobile maupun melalui CC PLN123, namun jika Kakak tidak melakukan konfirmasi pada waktu tersebut, maka laporanya dianggap telah selesai ditindaklanjut.

Di atas saya lampirkan percapakan terakhir saya ( sebagai warga negara dan pelanggan PLN) dengan admin facebook resmi PLN 123 yaitu 1 April 2022, tepatnya 23 hari yang lalu dan sebagai lampiran dari percakapan itu saya sertakan foto-foto tiang PLN tersebut seperti berikut ini.

Kepada petinggi PLN atau siapapun yg punya otoritas yg bisa menyelesaikan persoalan ini, mohon tindakan nyatanya dengan mengganti tiang tersebut. Kondisi sekarang sudah pada tahap berbahaya bagi warga kami. Seandainya tiang itu menimpa warga dan memakan korban jiwa apakah PLN mau bertanggung jawab?. Ayo PLN, professionallah menanggapi aduan pelanggan apalagi berhubungan dengan keselamatan manusia.

Salam,

Hendry Gaol

Warga Perumahan Taman Sentosa Blok G No 26 Cikarang, Bekasi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline