Lihat ke Halaman Asli

Hendra Alviko

seorang mahasiswa

Pentingnya Evaluasi Recruitment Sesuai Job Specification

Diperbarui: 30 April 2021   17:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

thumbs.dreamstime.com

Seperti yang kita ketahui, Bahwa kita harus mengevaluasi kembali apa yang di butuhkan perusahaan kita harus memberikan pernyataan tentang kualifikasi pekerjaan apa yang di butuhkan oleh perusahaan, Syarat tenaga kerja yang di berikan perusahaan guna untuk memajukan perusahaan tersebut. Dengan kualifikas maka kita bisa mengetahui apa yang akan di kerjakan saat kita di terima perusahaan yang kita ajukan sesuai kualifikasi perusahaan. Pada akhirnya kita akan memberikan kontribusi karena bekerja sesuai dengan job yang kita inginkan dan perusahaan juga di untungkan 

Pentingnya Job Specification

Tujuan Job Specification adalah untuk memahami detail pekerjaan yang akan kita lakukan. Pekerjaan dengan sektor berbeda akan memerlukan kemampuan yang berbeda untuk hasil yang memuaskan. Spesifikasi pekerjaan memberikan detail yang sesuai dengan kualifikasi perusahaan dari pengalaman kerja sebelumnya, skills dan ketrampilan individu untuk membantu karyawan mencapai tujuan yang di inginkan, Untuk merekrut Spesifikasi pekerjaan perusahaan memilih kandidat terbaik yang paling cocok untuk pekerjaan yang akan di lakukan individu tersebut 

Komponen Job Specification

Banyak hal yang perlu di pertimbangkan dalam spesifikasi pekerjaan untuk profil yang sesuai

1. Pengalaman. Spesifikasi pekerjaan dibutuhkan pengalaman untuk menyelesaikan pekerjaan tertentu. pengalaman kerja di sektor tertentu, jabatan, durasi kerja dll, serta apabila memiliki pengalaman manajerial yang bisa mengelola team dan menangani permasalahan tertentu juga termasuk kriteria job specification 

2. Ketrampilan. Penting dalam job specification tertama dalam hal kemampuan atau pengetahuan, semakin tinggi jabatan di perusahaan tertentu semakin baik untuk mengisi profil individu tersebut seperti Ketrampilan kepemimpinan, komunikasi, saling menghargai dll

3. Karakterisik kepribadian. ini termasuk yang paling penting yaitu cara seseorang berprilaku, menangani masalah dengan kepala dingin, attitude , saling menghargai antar sesama, ini termasuk hal yang di perlukan perusahaan untuk membangun organisasi yang positif dalam perusahaan tersebut




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline