Lihat ke Halaman Asli

Hadi Santoso

TERVERIFIKASI

Penulis. Jurnalis.

28 Mei dan Nostalgia Kejayaan Tim-tim Italia di Panggung Eropa

Diperbarui: 28 Mei 2020   19:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hari ini, 17 tahun yang lalu, AC Milan bertemu Juventus di final Liga Champions 2003 yang dimainkan di Old Trafford, Manchester. Final yang dimenangi AC Milan itu merupakan kali terakhir dua tim Italia berjumpa di final Liga Champions/Foto: Goal.com

Mei itu bulan menyenangkan bagi tim-tim Italia. Sebab, di bulan Mei, utamanya di pekan kedua ke atas, tim-tim top Italia bisa bernostalgia. Mengenang kejayaan di masa lalu.

Memangnya ada apa dengan pekan kedua, ketiga, dan keempat Mei?

Dalam kalender sepak bola Eropa, utamanya Liga Champions Eropa, Mei pekan kedua dan seterusnya adalah waktunya jadwal final Liga Champions. Paling sering digelar di pekan ketiga Eropa.

Nah, di masa lalu, tiga tim Italia, AC Milan, Juventus, dan Inter Milan punya kenangan manis di Liga Champions. Namanya kenangan manis tentunya bisa juara. Bisa mengangkat piala.

Demi bernostalgia, Inter Milan sampai membuat tagar #Triplete2010 di akun media sosialnya. Kita tahu, 2010 adalah tahun fenomenal bagi Inter Milan. Mereka meraih treble winner (juara Liga Italia, Coppa Italia, dan Liga Champions) ketika diasuh Jose Mourinho.

Nah, puncak dari raihan treble Inter Milan itu terjadi pada 22 Mei. Ketika mereka memenangi Liga Champions di Kota Madrid usai mengalahkan Bayern Munchen 2-0.

Juventus juga tidak ketinggalan memposting kenangan manis 24 tahun silam di akun Instagramnya. Ketika Gianluca Vialli dan kawan-kawan jadi juara Liga Champions pada 22 Mei 1996 usai mengalahkan Ajax Amsterdam via adu penalti di Roma.

Tapi, untuk urusan bernostalgia ini, AC Milan adalah tim yang paling cinta dengan bulan Mei. Faktanya, sepanjang Mei ini, akun Instagram resmi AC Milan @acmilan sudah tujuh (7) kali memposting kenangan ketika I'rossoneri juara Liga Champions. Karena memang, Milan sudah 7 kali juara Liga Champions.

Postingan di akun IG Milan dimulai 18 Mei lalu. Ketika Milan juara Liga Champions tahun 1994 di Athena saat mengalahkan Barcelona-nya Johan Cruyff yang kala itu lebih diunggulkan.

Kemudian berturut-turut saat juara di Wembley pada 22 Mei 1963 yang merupakan gelar pertama. Lalu, pada 23 Mei juara di Wina tahun 1990 dan Athena 2007 yang merupakan gelar terakhir Milan. Lalu juara di Barcelona pada 24 Mei 1989.

Dan hari ini, 28 Mei, Milan memposting postingan nostalgia terakhir mereka ketika juara di Madrid pada 1969. Serta, juara di Old Trafford Manchester pada 2003.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline