Lihat ke Halaman Asli

Hasrul Hadi

Geographical Education, Hamzanwadi University

Bagikan Ilmu atau Hoax Akan Menjamur

Diperbarui: 13 April 2017   17:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Sekecil apapun kontribusi yang bisa kita perbuat maka lakukanlah. Ilmu jika tidak diamalkan laksana pohon tanpa buah. Hanya bermanfaat untuk diri sendiri. Semakin banyak yang memetik manfaat dari ilmu yang kita miliki maka semakin baik buat orang lain, terlebih bagi diri kita sendiri. Jelas, ini adalah investasi penting. 

Merebaknya berita bohong (hoax) akhir-akir ini membuat kacau pikiran masyarakat. Bagaimana tidak, informasi yang belum jelas kebenaran nya ditelan mentah-mentah dan benar-benar diyakini kebenaran nya oleh masyarakat. Padahal itu menyesatkan mereka. Kita tak perlu umbar kasusnya satu persatu. Hampir semua orang yang menonton berita di televisi dan pengguna media sosial mengetahui hal ini. 

Lalu apa yang harus dilakukan untuk membendung berita hoax ini?  Solusinya adalah dengan mengimbangi berita hoax dengan berita positif (good news), bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan. Dengan demikian masyarakat akan tercerdaskan. Kehidupan masyarakat pun akan menjadi lebih baik. Semoga. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline