Lihat ke Halaman Asli

Budaya di Sekitar Kita

Diperbarui: 18 Juni 2016   19:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Assalamu alaikum wr.wb

Hallo para pembaca di kompasiana , Pada artikel kali ini saya akan membahas sedikit pembahasan seminar nasional yang saya ikuti pada hari selasa kemarin. kami mengikuti sebuah seminar nasional yang bertemakan mengenai “Seni Dalam Perspektif Kebudayaan” yang berasal dari narasumber bapak Prof Dr. Tjetjep Rohendi Rohidi, MA. Seminar ini di adakan oleh prodi kesenian unismuh di auditorium al AMIEN yang berlokasi di kampus Universitas Muhammadiyah (UNISMUH) Makassar.

pembahasan mengenai seni dalam perspektif kebudayaan yang di bawakan oleh bapak prof Tjetjep Rohendi Rohidi, MA bahwa Keahlian mengenai suatu bidang itu sendiri merupakan hal yang patut untuk kita pertahankan. Kesenian selalu berkaitan dengan struktur kebahasaan dan kerja sama, pengetahuan seni rupa pun itu memiliki cakupan yang sangat luas. Ada berbagai unsur yang terdapat pada kesenian yaitu : (1) Religi (2) Bahasa / pola penyampaian SPOK atau visual (3) dan kemasyarakatan.

Kesenian juga berguna bagi kehidupan karena berkaitan dengan masyarakat dan seni dalam kehidupan , kita tidak boleh menghilangkan progress kesenian dalam hidup kita karena kesenian tersebut sudah sejajar dengan ilmu pengetahuan itu sendiri. Kesenian juga tidak bersifat pribadi dan dengan kesenian juga dapat disampaikan sebagai suatu simbolis yang di lakukan masyarakat. seperti dengan manusia kepada tuhan dengan melakukan tarian atau adat – adat tertentu.

Dalam seminar tersebut juga mengatakan bahwa seni juga bersifat universal yang berarti menyeluruh kepada siapa dan apa saja. Dengan begitu kita dapat melihat bagaimana seni itu sendiri dalam suatu kebudayaan yang mencakup nilai nilai unsur di atas dan seni yang terdapat pada kehidupan kita. Hanya itu yang dapat saya sampaikan untuk artikel saya kali ini , bagi teman pembaca kompasiana semoga ini dapat bermanfaat untuk kalian suatu saat nanti , jika ada kekurangan mohon di beri sarannya . terima kasih 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline