Lihat ke Halaman Asli

Langkah-langkah Belajar Gitar Jazz

Diperbarui: 27 Juni 2018   13:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Oleh Theduardo Prasetyo

Web : https://guitanesia.com/

FB: https://www.facebook.com/guitanesia/?ref=br_rs

Instagram : @Guitanesia

Di jaman sekarang, pengaruh musik jazz dapat didengar di banyak sekali genre musik, mulai dari musik populer sampai musik klasik. Progresi II-V-I yang sangat tipikal dalam musik jazz sudah sangat sering juga dipakai di musik pop masa kini, seperti di awal lagu Sunday Morning oleh Maroon 5. 

Penggunaan gitar dalam musik jazz adalah elemen yang penting. Instrumen ini sudah digunakan sejak awal mula genre ini lahir, misalnya oleh Freddie Green, seorang gitaris yang bermain di Count Basie's Band sebagai anggota rhythm section yang perannya sangat penting untuk menyatukan ritme big band secara keseluruhan. 

Tentunya dalam kasus Freddie Green ia memainkan gitarnya dengan teknik yang sesuai dengan permainan iringan big band, yaitu hanya dengan memainkan 2-3 not penting (terts, quint, septim) dari sebuah kord dengan sangat ritmis.

guyub-gitar-by-dion-janapria.teachable.com/

Progresi II-V-I pada gitar jazz

Mempelajari gitar jazz berbeda dengan cara belajar gitar klasik ataupun rock karena gitaris jazz harus mempunyai pemahaman harmoni yang lebih baik -- bukan hanya pengetahuan teknis tentang gitar -- agar bisa berimprovisasi dan tahu not mana yang sebaiknya dimainkan. Pada instrumen gitar, ada banyak pola-pola skala yang dengan mudah bisa dipelajari dan dihafal sebelum bisa benar-benar mengenal skala tersebut secara musikal. 

Iringan gitar jazz juga sedikit berbeda karena ada banyak kord yang dimainkan berbeda (ada not yang dihilangkan atau ditambahkan) berdasarkan voicing yang diinginkan atau yang pas dengan melodi. Dalam kasus progresi II-V-I saja ada banyak skala yang bisa digunakan, misalnya saja dorian untuk kord II, skala mixolydian untuk kord V, dan ionian untuk kord I. Di dalam skala-skala yang sudah disebutkan tadi juga bisa kita ubah beberapa notnya agar skala lebih terdengar beda dan menarik, atau "miring".

guyub-gitar-by-dion-janapria.teachable.com/

Gaya gitar Freddie Green

Untuk kalian yang sudah memiliki pengalaman bermain gitar dan ingin mendalami gitar jazz dengan baik dan benar, kalian bisa belajar secara online dengan melihat video yang sudah disusun secara baik dan didaktis oleh Dion Janapria. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline