Lihat ke Halaman Asli

Gramedia Official

TERVERIFIKASI

Tempat kamu mencari buku 📚

10 Hal Penting dalam Pernikahan yang Harus Dipahami Setiap Pasangan!

Diperbarui: 27 Februari 2023   09:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Photo by Trung Nguyen on Pexels

Jatuh cinta tampaknya normal untuk pasangan yang baru saja menikah. Pertanyaannya, apakah perasaan yang mekar itu saja sudah cukup untuk membangun sebuah pernikahan? Faktanya cinta bukan satu-satunya hal penting dalam pernikahan.

Beberapa ahli sepakat bahwa dalam pernikahan yang terjadi setiap hari, ada hal penting lainnya selain cinta. Saat jatuh cinta, baik wanita maupun pria siap melakukan apapun demi kebahagiaan pasangannya. 

Sebut saja makan malam romantis, suka menulis puisi, dan usaha kreatif lainnya. Namun, dalam pernikahan ada kebutuhan lain yang jauh lebih rumit. Hal penting ini harus dipahami masing-masing pasangan untuk membangun hubungan pernikahan yang langgeng.

Hal Penting dalam Pernikahan

Berikut ini hal  penting dalam pernikahan yang harus dipahami masing-masing pasangan selain cinta:

1. Kepercayaan

Kepercayaan sangat penting untuk membangun fondasi pernikahan yang harmonis dan bahagia. Keraguan hanya menciptakan stres dalam hubungan dan membuat kamu dan pasangan menderita karena terlalu khawatir lagi dan lagi.

Tanpa adanya sebuah kepercayaan, ini akan mempersulit untuk menikmati hubungan pernikahan dengan damai. Tidak  saling percaya bisa muncul karena sikap skeptis, selalu curiga atau keinginan untuk berbuat jahat. 

2. Komitmen

Hal penting dalam pernikahan selanjutnya adalah komitmen dari keduanya yang diperlukan agar suatu hubungan berjalan dengan baik. Kamu tidak dapat melakukannya setengah jalan karena hanya membuang-buang waktu, tenaga dan emosi.

Bentuk komitmen tidak hanya saat kamu dalam kondisi harmonis dan romantis, tetapi juga mencoba untuk menjaga hubungan dalam situasi sulit. Posisikan diri kamu sebagai tim dalam rumah tangga.

3. Stabilitas

Selain dua hal tersebut, stabilitas juga penting untuk memiliki pernikahan yang bahagia. Stabilitas emosional, hubungan, dan keuangan. Ketiga faktor ini membuat pernikahan kuat, atau menjadi lebih baik lagi.

Contoh stabilitas dalam pernikahan, salah satunya adalah keseimbangan antara memberi dan menerima. Yakni memastikan kebutuhan satu sama lain terpenuhi dan tidak ada yang merasa selalu berkorban.

4. Kesabaran

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline