Lihat ke Halaman Asli

Asesment, Pengukuran, Penilian, Evaluasi serta Tujuan Pembelajaran dan Capaian pembelajaran

Diperbarui: 20 September 2023   18:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Asesmen, Pengukuran, Penilaian, Evaluasi

Tujuan Pembelajaran  dan Capaian pembelajaran

 

Pada hakekatnya Asesmen, Pengukuran, Penilian serta evaluasi, persamaannya adalah semuanya memiliki kaitan dengan aktivitas menilai atau menentukan nilai sesuatu. Dan juga semunya berfokus untuk meningkatkan  kemampuan peserta didik. Selain itu, dengan hal/ proses-proses tersebut guru bisa menentukan metode, Teknik, strategi yang tepat ketika melakukan pembelajaran. Sehingga nantinya kualitas peserta didik, materi, organisasi, kurikulum yang berlaku/ diterapkan beserta guru dapat berproses seoptimal mungkin kemudian dapat meningkatkan mutu Pendidikan. Selanjutnya yang menjadi perbedaan secara umum yaitu  terletak pada ruang lingkup dan pelaksanaannya. .

DEFINISI

Tujuan

ASESMEN

Langkah-langkah pencarian tentang kemampuan dan hambatan yang dialami oleh peserta didik.

  • Bahan refleksi serta landasan untuk meningkatkan mutu pembelajaran.
  • Finding Out merupakan suatu proses mencari, menemukan dan mendeteksi kekurangan kesalahan atau kelemahan dari peserta didik dalam proses belajar.
  • Subjeknya hanya siswa

PENGUKURAN

Proses untuk menentukan kuantitas sesuatu yang menghasilkan angka

  • Menaksir pemahaman dan kemampuan peserta didik
  • memberikan umpan balik yang relevan dan terukur kepada siswa maupun pengajar
  • Guru dapat mengadopsi strategi pembelajaran tepat guna
  • Angka atau skornya bersifat kuantitatif

PENILAIAN

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline