Lihat ke Halaman Asli

iGenst

Ion Genesis Situmorang

Ini Sekolah, Bukan Bisnis

Diperbarui: 25 Mei 2016   16:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="Siswa-siswi terbaik (Sumber: dokumen pribadi)"][/caption]

Mimpi bagai kekuatan positif untuk mengangkat seseorang lebih tinggi dari keadaan sebelumnya. Sekalipun tidak tercapai, kekuatan tersebut membuka jalan lain utuk membuatnya lebih baik.

Teman saya kuliah di Program Pascasarjana, Universitas Negeri Medan, tahun 2013, mengingatkan saya akan sebuah mimpi yang masih terus menjadi mimpi sampai saat ini. DIa meneruskan kepemimpinan di Yayasan Pendidikan yang dibuka oleh orangtuanya. Ketika dia mempromosikan sekolahnya ke masyarakat setempat, dia menawarkan sekolahnya dari pintu ke pintu. Sehingga orangtua benar-benar berinteraksi dengan pimpinan sehingga orangrtua benar-benar mengetahui sekolah yang cocok dengan anaknya dan pihak sekolah mengetahui apa yang diinginkan masyarakat.  Teman ini mengingatkan saya akan mimpi saya yang pernah muncul jauh lama sebelum saya menjadi salah seorang pengajar di sekolah negeri  di Kota Pematangsiantar. 

Tahun 2007 ketika saya masih seorang mahasiswa semester VII di Universitas Negeri Medan (UNIMED), ada salah satu mata kuliah yang harus diikuti, Praktik Penyuluhan Lapangan Terpadu (PPL-T). PPL-T merupakan program perkuliahan wajib pada Lembaga Perguruan Tinggi Kependidikan (LPTK) dengan bobot 8 SKS. PPL-T mengirimkan mahasiswa ke sekolah-sekolah yang bekerjasama dengan universitas untuk mempraktikkan kompetensi dan keterampilan yang diajarkan pada perkuliahan di kampus. Jadi, selama mengikuti PPL-T, mahasiswa tidak hanya mengajar tetapi juga melakukan penyuluhan-penyuluhan kepada masyarakat yang ada di sekitar sekolah. Kegiatan penyuluhan dapat berupa kegiatan keagamaan, keolahragaan, atau kegiatan yang bermasyarakat. 

Kala itu, universitas mengirim saya dan teman-teman dari mahasiswa jurusan lain ke salah satu sekolah swasta di Kota Tebing Tinggi. Selama saya melaksanakan PPL-T di sekolah tersebut, saya mengamati siswa di lingkungan sekolah. Setiap hari saya melihat siswa mengenakan seragam namun dengan tata pakaian yang sembarangan. Banyak siswi yang mengenakan pakaian yang tidak mencerminkan seorang pelajar. Rok yang relatif mini (jauh diatas lutut), dasi yang diikatkan pada leher baju dengan kancing bagian atas terbuka. Namun pemadangan berbeda dengan gurunya, bapak guru disekolah ini diwajibkan mengenakan pakaian rapi lengkap dengan dasi, dan ibu guru mengenakan pakaian resmi dan rapi. 

Karena tidak sesuai dengan yang saya pahami selama kuliah, saya tegur seorang siswi untuk memperbaiki cara berpakaiannya. Tidak beberapa lama, kepala sekolah memanggil saya ke kantornya. Saya masih sangat ingat, kala itu Bapak itu berkata, "Pak, sekolah kita ini adalah sekolah swasta yang sangat tergantung dengan jumlah siswa. Jika kita tidak punya siswa (sedikit) maka akan berdampak guru-guru yang ada di sini. Maklum Pak, kita dapat gaji dari mereka. Jadi, saya harap, Bapak selama PPL di sini tidak terlalu ambil pusing dengan siswa, apalagi hanya sekedar berpakaian".

Dari peristiwa itu, selama mengikuti PPL-T saya hanya sekedar mengajar tanpa peduli dengan perilaku siswa. Saya yang hanya merasa sebagai mahasiswa praktek merasakan bahwa ada karakter guru yang terkekangi, lalu bagaimana dengan guru yang ada disini. Namun, guru di sini juga pasrah dengan keadaan, mereka seolah kompromi dengan keadaan demi pemenuhan kebutuhan sekalipun ada perasaan yang tertekan. Ini bisnis, bukan sekolah. Pendidikan menjadi nomor dua demi sebuah keuntungan. Dari sinilah muncul mimpi itu. Saya ingin membangun sebuah sekolah atau yayasan pendidikan yang benar-benar bertujuan untuk mendidik bukan untuk mencari keuntungan. 

Bahkan jika kita lihat sampai saat ini masih banyak sekolah yang lebih mencari keuntungan daripada pendidikannya. Ada beberapa guru yang pernah berbincang-bincang dengan saya, mereka seolah tidak memiliki harga diri, yang penting bagi yayasan adalah siswa yang terdaftar disekolah tersebut membayar iuran sekolah. Padahal jika kita lihat saat ini, pemerintah membantu biaya operasional melalui Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang besarannya sama dengan sekolah negeri. Ini artinya, bahwa sekolah setidaknya dapat memfokuskan visi sekolah untuk mencapai misinya.

 

Bangun dan Mimpi masih Sama

Inilah mimpi yang sedang saya coba wujudkan. Saya coba pelajari cara membuka sekolah, ternyata memang memerlukan biaya yang besar. Awalnya saya komunikasikan dengan orangtua, beliau menyambut baik, dia sarankan untuk membuka yayasan dulu. Selanjutnya saya dan beliau berusaha untuk mempelajari cara untukmembuka yayasan. Wow, ternyata tidak semudah yang saya pikirkan. Harus urus lokasi, urus notaris, kepengurusan dan lain sebagainya yang membuat saya semakin tertekan. Kami menyerah dan mimpi saya masih tetap mimpi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline