Lihat ke Halaman Asli

Gaganawati Stegmann

TERVERIFIKASI

Telah Terbit: “Banyak Cara Menuju Jerman”

Viral: Pesan Mbah Minto "Jangan Mudik Dulu, Nak"

Diperbarui: 21 Mei 2020   05:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jangan mudik dulu (dok.Sheshe)

Salah satu murid saya, Ute barusan curhat bahwa ia kangen anak-anaknya yang ada di negara bagian Bayern. Karena tinggal di negara Baden-Wuerttemberg, sudah dua bulan ini ia nggak bisa bertemu dengan anak-anak dan cucu-cucunya itu. 

Larangan pemerintah Jerman bahwa warga tidak boleh melewati batas wilayah masih berlaku sampai minggu ini. Konon, akan berubah Juni nanti. Semua harus sabar. Sabar-subur-slamet, orang sabar akan subur dan selamat.

Kompasianer, perempuan berumur 63 tahun itu mungkin memiliki perasaan resah seperti orang Indonesia yang nggak bisa mudik di tengah pandemi. 

Bagaimanapun ia tetap menyarankan anak-anaknya untuk nggak usah mengunjunginya sampai masa penyebaran covid19 berhasil direm. Toh untuk tetap berkomunikasi, mereka masih bisa memanfaatkan gawai dan teknologi. Apalagi di Jerman internet cepat dan murah.

"Ra sah mulih sik, Le. Duite wae sing mulih."

Adalah Mbah Minto. Sosok perempuan tua dari Jawa yang lucu dan sedang viral gara-gara video bikinan Ucup dari Klaten itu memiliki tujuan yang mirip dengan Ute.

Mbah Minto dan Ute notabene seorang ibu yang memiliki anak-anak yang telah terpisahkan oleh jarak dan waktu. Sebagai golongan orang beresiko tinggi, mereka meminta anak-anak yang dicintai sepenuh hati tetap tinggal di rumah saja. 

Bedanya, jika Ute yang sudah mapan mengirim hadiah untuk anak-anak dan cucunya yang jauh, dalam adegan dagelan Jawa itu mbah Minto justru mengingatkan anaknya supaya kiriman duit darinya nggak lupa. 

Dalamclip, keduanya memang hidup pas-pasan. Kenyataannya, pendapatan Ucup dan mbah Minto melambung ke langit. Iya, karena pesan mbah Minto untuk "Ra sah mulih, sik, Le" atau "Jangan mudik dulu, nak" jadi viral. Pendapatannya pun jadi tinggi karena click dan share yang membanjir.

Mari kita ingat kembali cuplikan "Gagal mudik":

"Hallo, Nak, ada apa gerangan?" Mbah Minto yang sedang memasak di luar rumah menerima telepon dari sang anak.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline