Lihat ke Halaman Asli

FR Consultant Indonesia

Konsultan Bisnis | Digital Marketing | Operasional Bisnis

4 Tips Membangun Bisnis Rumahan

Diperbarui: 12 April 2021   09:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://frconsultantindonesia.com/

Memulai sepak terjang di dunia bisnis memang bukan sesuatu yang mudah. Perlu keberanian dan strategi untuk memulai bisnis. Namun, juga bukan merupakan sesuatu yang sulit dilakukan juga. Bisnis itu relatif, tergantung tipe bisnisnya dan bagaimana kamu membangunnya. Nah, salah satu tipe bisnis yang relatif mudah untuk dijalankan adalah bisnis rumahan. Selain lebih fleksibel, bisnis rumahan ini bisa dijalankan oleh siapa saja. Yuk, simak beberapa tips dari #SahabatJualan kamu berikut! 

1. Tentukan goals dari bisnis kamu

Membangun bisnis rumahan bukan berarti kamu bisa membangun bisnis secara asal loh. Karena walaupun terkesan fleksibel, tapi kalau kamu tidak bisa membangunnya dengan baik, maka kemungkinan akan gagal. Maka dari itu, yang pertama kamu harus tahu adalah goals dari bisnis kamu. Apa sih yang ingin kamu bangun? Tujuan akhir bisnis kamu itu apa? Apa target dari bisnis kamu? Kamu bisa mulai dari hal-hal seperti itu sehingga kamu punya gambaran yang jelas mengenai bisnis yang akan kamu bangun.

2. Mulai buat rencana

Selanjutnya kamu harus mulai memikirkan rencana dan langkah-langkah awal yang ingin kamu ambil. Kamu tidak perlu kok memikirkan rencana sedetil-detilnya dari A-Z karena itu akan makan waktu banget dan bisa jadi kamu akan merasa ribet sendiri dan jadi malas untuk melanjutkan. Kamu hanya perlu rencana-rencana dasar dan sambil berjalan rencana dasar tersebut akan berkembang dengan sendirinya. Buat rencana sesuai dengan goals yang kamu tentukan sebelumnya yaa. 

3. Tentukan target pasar kamu

Target pasar ini penting banget karena target ini lah yang akan menentukan arah pengembangan brand dan promosi kamu. Kamu bisa menyesuaikan strategi promosi dengan target kamu. Sebagai contoh, jika target pasar kamu adalah kaum millenial, kamu bisa menggunakan cara-cara kreatif yang disukai kaum millenial sebagai cara promosi kamu 

4. Bangun sistem bisnis kamu

Selain punya goal, rencana dan target pasar, kamu juga harus punya sistem bisnis yang tepat. Karena bagaimanapun bagusnya pemasaran dan produk kamu, jika kamu tidak bisa mengelola bisnis kamu dengan baik pasti jadinya berantakan. Jadi, kamu bisa mulai memikirkan seperti apa bisnis kamu akan dijalankan, mulai dari sistem penjualannya, pengelolaan produk dan inventory hingga keuangan bisnis kamu. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline