Lihat ke Halaman Asli

Semiotika Roland Barthes pada Iklan

Diperbarui: 23 Juli 2021   04:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Semiotika Roland Barthes Pada Iklan Kopi Cap Gajah Di Billboard

Semiotika merupakan suatu ilmu yang digunakan untuk menganalisi tanda.semiotika sering kali digunakan untuk menalisis visual.  Dalam semiotika barthes bertujuan memaparkan  makna dari denotasi, konotasi, dan mitos. Denotasi sendiri merupakan makna yang sebenarnya, konotoas ialah makna dibalik denotasi, sedangkan mitos sendiri yakni ideologi dalam pesan. Semiotika roland barthes lebih digunakan untuk menganalisis pamflet, iklan, billbord, dll.

Dalam hal ini saya akan mengkaji semiotika roland barthes pada iklan kopi tubruk cap gajah di billboard. Analisis ini menggunakan teori roland barthes yang mengkaji makna dari denotasi, konotasi, dan mitos. Hasil yang diproleh dari analisis terori roland barthes pada iklan kopi tubruk cap gajah yakni sebagai berikut:

  • Makna denotasi pada iklan ini memberikan pemahaman kepada kita tentang seorang pria yang sedang memegang segelas kopi dan tangan yang satunya mengepal
  • Makna konotasi yang diperoleh dari iklan tersebut yakni tangan yang menegepal menunjukan sbuah semangat
  • Mitos yang dapat disimpulkan yakni ketika kita minum dapat menambah semangat

Secara singkat itu yang dapat dianalisis, sebenarnya masih bisa dijabarkan lagi tetapi saya disini hanya mengambil secara garis besarnya saja




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline