Lihat ke Halaman Asli

Felinda Fazriyani

Mahasiswi IAIN Jember

Perennialisme Aliran dalam Filsafat Pendidikan

Diperbarui: 22 Mei 2020   21:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

Berikut penulis akan menjelaskan tentang aliran perennialisme dalam filsafat pendidikan dan para tokoh beserta pemikirannya.

1. Pengertian Perennialisme dalam Filsafat Pendidikan

Perennialisme adalah salah satu aliran dalam filsafat pendidikan yang di dirikan oleh Aristoteles. Perennialisme disini berarti suatu aliran filsafat yang di susun melalui kesatuan hasil pikiran yang memberikan sikap tegas dan lurus kepada seseorang. Atau dapat diartikan sebagai aliran yang bisa menentukan arah tujuan yang lebih jelas kedepannya dalam suatu pendidikan.

2. Tokoh Filsafat Pendidikan Perennialisme

a. Robert Maynard Hutchins (1899 - 1977)

Robert Maynard Hutchins adalah seorang filsuf pendidikan yang berasal dari Amerika dan merupakan lulusan dari Universitas Chicago. Pemikirannya yaitu tentang pendidikan ideal. Dimana pendidikan yang ideal ini merupakan pendidikan yang di dirikan untuk mengembangkan pikirannya lebih dalam dan mampu bersaing bukan hanya untuk masa sekarang tetapi juga untuk masa yang akan datang.

b. Ortimer Adler (1902 - 2001)

Adler juga merupakan seorang filsuf asal Amerika Serikat, sekaligus seorang penulis dan pendidik. Pemikirannya tentang manusia. Adler berpendapat bahwa manusia adalah makhluk rasional, yang berarti memiliki kemampuan berpikir dan mengingat seperti membaca, mendengar, dan memahami suatu ilmu pengetahuan serta mampu menjalin suatu komunikasi dengan baik.

Semoga bermanfaat,

Terima kasih:)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline