Lihat ke Halaman Asli

FERI ANDIKA

BUKAN SIAPA-SIAPA

10 Tips untuk Hidup Hemat tapi Tetap Berkualitas

Diperbarui: 8 November 2022   21:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Lyfe. Sumber ilustrasi: FREEPIK/8photo

10 Tips Untuk Hidup Hemat Tapi Tetap Berkualitas

Artikel ini akan memjelaskan 10 tips yang bisa kalian lakukan untuk menerapkan budaya hidup hemat dan efektif demi kesejahteraan di masa depan.


Pengertian Hidup Hemat

Hidup hemat merupakan sebuah perilaku manusia dalam mengatur arus pengeluaran uang yang didasarkan atas kebutuhan dan pemilahan akan keinginan.

Setiap manusia memiliki pengeluaran prioritas yang berbeda, artinya bunyi prioritas setiap individu didasarkan atas kebutuhan biologis sekaligus atas tuntuttan iklim kehidupan. Maka dari itu, bisa diilustrasikan bahwa prioritas A tidak sama dengan Prioritas B, dan prioritas B tidak bisa digunakan untuk A.

Umumnya, setiap manusia mencari cara apa dan mana yang bisa diterapkan untuk hidupnya, terlebih lagi banyak orang yang baru menyadari arti pentingnya menerapkan hidup hemat setelah memasuki kehidupan dewasa atau berkeluarga.

Baiklah, kita langsung masuk pada materi intinya, kita akan membahas 10 cara yang bisa kalian terapkan untuk kehidupan lebih efektif.

01. Hindari penggunaan kartu kredit


Psikologi penggunaan Kartu kredit yang pertama dirasakan adalah mempermudah, pada psikologi akhir kalian akan stres dengan tagihannya.

Selain itu, kartu kredit membuatmu lebih konsumtif. Kamu mungkin tidak akan terlalu berpikir ulang ketika belanja menggunakan kartu kredit karena uangmu tidak akan berkurang saat itu juga.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline