Lihat ke Halaman Asli

Fauzan Fikri

Mahasiswa Prodi Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Palangka Raya

Polusi Udara Dalam Ruangan (Indoor Air Pollution)

Diperbarui: 29 Mei 2022   20:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Oleh : Fauzan Fikri

Mahasiswi Program Studi Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Palangka Raya

Sebagian orang beranggapan bahwa polusi udara hanya terjadi di lingkungan terbuka atau ketika kita berada di luar ruangan saja. Akan tetapi, pada kenyataannya polusi udara juga dapat terjadi di lingkungan tertutup atau ketika kita sedang beraktivitas di dalam sebuah ruangan.

Pada artikel ini akan dibahas mengenai pengertian polusi udara dalam ruangan (indoor air pollution), sumber polutan apa yang menjadi penyebab polusi udara dalam sebuah ruangan, dampaknya terhadap kesehatan bagi yang terpapar polusi udara, lalu upaya apa saja yang dapat dilakukan untuk mengurangi serta mencegah polusi udara dalam suatu ruangan? simak terus ya artikel ini.

Polusi udara dalam ruangan (indoor air pollution) adalah suatu kondisi dimana terdapat debu, kotoran, gas, dan zat kimia di udara yang berada di dalam suatu ruangan seperti rumah atau tempat kerja. Polusi udara ini dapat berbahaya ketika terhirup masuk ke saluran pernapasan. 

Kualitas udara yang buruk dalam suatu ruangan telah dikaitkan dengan meningkatnya faktor risiko penyakit paru-paru seperti asma, sesak napas dan kanker paru-paru. Berbagai studi juga telah dikaitkan bahwa kualitas udara yang buruk juga berkontribusi terhadap peningkatan risiko penyakit jantung dan stroke.

Kualitas udara dalam ruangan atau dalam istilahnya disebut indoor air quality (IAQ), mengacu pada kualitas udara di dalam dan di sekitar bangunan dan strukturnya, terutama yang berkaitan dengan kesehatan dan kenyamanan penghuni suatu ruangan. 

Dengan memahami betapa pentingnya kualitas udara dalam suatu ruangan dan cara mengendalikan sumber polutan di dalam suatu ruangan diharapkan kita dapat menjaga kesehatan udara di ruangan yang kita tempati.

Polusi udara dalam ruangan dapat disebabkan oleh kegiatan yang dilakukan manusia seperti pembakaran sumber bahan bakar padat untuk memasak dan memanaskan ruangan, contoh bahan bakar padat yaitu kayu bakar, limbah tanaman, dan kotoran. Pembakaran bahan bakar ini menghasilkan partikel-partikel polutan yang mencemarkan udara di dalam sebuah ruangan.

Macam-macam bahan polutan udara dibagi menjadi dua yaitu materi partikulat (pm), partikel kecil debu atau kotoran di udara, seperti jelaga, tungau, dan debu, kemudian ada gas misalnya karbon monoksida, nitrogen oksida, dan sulfur dioksida. 

Polusi udara dalam ruangan dapat disebabkan oleh kegiatan apa saja, contohnya seperti kompor gas dan pembakaran kayu, hingga kelembapan dan jamur.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline