Lihat ke Halaman Asli

Fatkhur Rozi

Dosen Pendidikan Jasmani dan Olahraga di IAIN Salatiga dan Majelis Sabuk Hitam (MSH) INKAI DAN II, Anggota Pengurus Pusat Studi Gender dan Anak IAIN Salatiga

Elkan Dikarantina, Seperti Deja Vu All England

Diperbarui: 15 Desember 2021   13:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Official Media PSSI

Kabar kurang mengenakkan didapatkan oleh PSSI dimana harus kehilangan salah punggawa Timnas Indonesia pada lanjutan penyisihan grup Piala AFF 2020. Layaknya kasus yang menimpa Tim Bulu Tangkis Indonesia pada perhelatan All England beberapa waktu lalu, dimana harus dipaksa mundur dari turnamen karena Tim Indonesia disinyalir satu pesawat dengan salah seorang penumpang yang terkonfirmasi positif covid-19. Untungnya nasib yang dialami Timnas Sepak Bola Indonesia kali ini tidak seperti Tim Bulu Tangkis waktu lalu, mereka hanya kehilangan salah satu pemain bertahannya, Elkan Bagott. Elkan sendiri harus melakukan karantina lima hari karena satu pesawat dengan orang yang positif covid-19 sesuai aturan dari Pemerintah Singapura meskipun hasil tes Elkan menunjukkan hasil yang negatif.

Kerugian

Tentunya kabar karantina yang harus dijalani Elkan tersebut menjadi sebuah kerugian bagi Tim Indonesia. Catatan impresif Elkan saat melawan Laos salah satu alasannya. Turun dari bangku cadangan kala itu, Elkan berhasil turut andil atas tidak bobolnya gawang timnas pada babak kedua melawan Laos. Elkan sempat nyaris mencetak gol pada menit ke-82 bagi Indonesia saat menyambut sepakan pojok, hanya saja sundulannya masih mengenai mistar gawang Laos.

Tidak seperti Malaysia yang kehilangan empat pemainnya karena hasil tes covid-19 terkonfirmasi positif, Indonesia hanya kehilangan Elkan sampai dengan lima hari yang berarti tidak bisa tampil melawan Vietnam hari ini dan Malaysia pada hari Minggu. Shin Tae Yong masih memiliki banyak opsi lain dalam mengawal lini belakang timnas. Timnas Indonesia masih memiliki Ryuji, Fahrudin, Igbonefo, Rizky, dan Dewangga. Harapannya Indonesia bisa lolos penyisihan grup sehingga dapat memainkan Elkan kembali pada babak semi final.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline