Lihat ke Halaman Asli

Farizah Auliya Brillianty

Mahasiswa UIN Maliki Malang

Pengertian Urgensi dan Orientasi Kewarganegaraan

Diperbarui: 27 September 2021   17:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

PENGERTIAN URGENSI DAN ORIENTASI KEWARGANEGARAAN

 Dikutip dari laman web https://pelayananpublik.id. Urgensi menurut KBBI adalah keharusan yang mendesak atau hal yang penting. Namun, Urgensi ini memiliki arti ynag berbeda-beda/ berikut ini beberapa sumber devinisi urgensi:

1.Cambridge Dictionary, Devinisi Urgensi adalah Suatu hal yang sangat penting dan membutuhkan perhatian segera.

2.KBBI, Devinisi Urgensi adalah sesuatu hal yang sangat penting atau keharusan yang mendesak

 Dikutip dari laman web https://pengertianmenurutparaahli.org. Urgensi berasal dari bahasa latin "Urgere" yaitu jenis kata kerja yang artinya mendorong. Dalam bahasa Inggris "Urgent" yaitu jenis kata sifat. Sedangkan dalam KBBI pengertian Urgensi adalah jenis kata benda yang berarti suatu keharusan yang mendesak, hal yang sangat penting.

 Dari ke 3. Sumber di atas dapat disimpulkan bahwa pengertian urgensi adalah suatu hal yang sifatnya sangat mendesak dan penting sehingga perlu tindak lanjut agar masalah tersebut terselesaikan.

 Jenis urgensi juga ada dalam dunia pendidikan yang dinamakan urgensi pendidikan. Urgensi pendiodikan adalaha suatu hal yang snagat pending dilakukan agar kemampuan akhlak, dan pribadi dari seorang anak dapat meningkat dan menjadi lebih baik.

 Dikutip dari laman web https://rumusrumus.com. Istilah urgensi sendiri menunjuk pada sesuatu yang mendorong kita ,dimana yang memaksa kita untuk di selesaikan segala sesuatu yang terjadi pada saat itu.Dengan begitu ialah mengandaikan ada sebuah masalah sehingga harus di tindak lanjuti.

kata "urgensi" dapat berarti penting nya sesuatu hal. Misalnya pada kalimat '"urgensi kepemimpinan muda " itu artinya ialah " pentingnya kepemimpinan muda ".Nah sebaliknya urgensi agama bagi kehidupan manusia merupakan sangat strategis agar mengakses kebahagiaan dunia serta akherat. 

Mengapa penting ? karena agama berfungsi sebagai kontrol , rambu -- rambu, pegangan serta petunjuk didalam menghadapi kehidupan di era global yang serba tidak pasti. Oleh karenya, mengapa manusia harus beragama yaitu disamping karena fitrah, identitas, kewajiban, keturunan, konversi serta kebutuhan. Nah saat ini bagaimana ke enam elemen ini sebagai komplementer cara menjadi sebuah kebutuhan. 

Sekarang bagaimana caranya ke enam komponen itu sebagai komplementer untuk menjadi suatu kebutuhan yang tidak dapat tergantikan dengan yang lain.Manusia sendiri terdiri dari dua unsur yaitu jasmani serta rohani, dimana masing -- masing memiliki kebutuhan sesuai dengan sifat kejadiannya. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline