Lihat ke Halaman Asli

Mengintip Peluang Indonesia di Cabor Baru Asian Games 2018

Diperbarui: 11 Agustus 2018   10:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok. eradot.id

Gelaran Asian Games 2018 tinggal menghitung hari, segala persiapan telah dipersiapkan semaksimal mungkin. Jutaan pasang mata seantero dunia akan tertuju pada kejuaraan olahraga multi-event ini. 

Seluruh atlet kontingen dari setiap negara berambisi untuk menjadi yang terbaik pada ajang kejuaraan ini. Indonesia sendiri ditargetkan untuk meraih 20 medali emas demi memenuhi target masuk ke jajaran 10 besar dari pemerintah. 

Asian Games ke XVII ini akan digelar 18 Agustus -- 2 September 2018 dengan mempertandingkan 40 cabang olahraga, terdiri dari 32 cabang olahraga olimpiade dan 8 cabang olahraga non-olimpiade. 

Dari 40 cabang olahraga yang dipertandingkan 10 diantaranya merupakan cabor baru dalam gelaran pesta Asian Games. 10 cabor baru yang akan dipertandingkan itu adalah rollersport, bridge, sambo, kurash, basket 3X3, jet ski, paralayang, pencak silat, ju jitsu, panjat tebing. Lantas bagaimanakah peluang atau kans Indonesia untuk meraih medali dari cabor-cabor baru itu ? Dari 10 cabor tersebut, sebagian besar berpeluang memberikan medali emas untuk Indonesia. 

Setidaknya ada 6 cabor yang bisa menjadi lumbung emas untuk kontingen Indonesia, yaitu: bridge, jet ski, paralayang, pencak silat, dan panjat tebing.

Bridge

Cabor baru yang seperti permainan remi ini masuk sebagai cabor di Asian Games setelah Gabungan Bridge Sluruh Indonesia (PB GABSI) berhasil melobi Dewan Olimpiade Asia. Dalam Asian Games 2018, bridge akan memainkan enam nomor. Masing-masing adalah tim putra, tim putri, tim beregu campuran, tim beregu campuran super, duet putra, dan duet putri. 

Indonesia berpeluang besar menggondol medali emas dari cabor ini. Maklum saja, Indonesia adalah salah satu tim kuat dunia dalam olahraga ini. Hal itu terbukti lewat beberapa event yang diikuti sebagi persiapan menuju Asian Games 2018,. 

Pada Test Event Road to 18th Asian Games 2018 di Depok. Indonesia berhasil meraih 4 medali emas, 1 medali perak, dan 2, medali perunggu dari enam nomor yang dilombakan. Terbaru, pada 10-14 Juli di Chicago, Amerika Serikat, tim bridge Indonesia yang dipersiapkan untuk Asian Games berhasil menjadi juara umum turnamen "Windy City Regional Championship" dengan perolehan medali 4 emas, 1 perak, dan 1 perunggu. 

Selain itu, Indonesia juga menjadi juara umum di dua kejuaraan lain yaitu "36th International Bridge Festival Albena 2018" dan "Music City Summer Sectinal Tournament" yang digelar di Bulgaria dan Nashville, Amerika Serikat. Karena itu, Indonesia sangat berpeluang untuk berjaya di cabor ini dan memenuhi target dua medali emas yang diberikan

Jetski

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline