Lihat ke Halaman Asli

Faizal Chandra

Guru Matematika

Menguak Fakta Unik Bilangan Kuadrat

Diperbarui: 20 Desember 2020   10:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Pribadi

"Matematika itu menyenangkan"

Ketika saya mengatakan kalimat diatas, banyak orang yang kesal. Karena menurut mereka matematika adalah mata pelajaran paling susah dan bikin pusing tujuh keliling. Masih teringat kata-kata yang sering mereka ucapkan, kurang lebih seperti ini :

"Apane seng menyenangkan, menyengsarakan dan bikin pusing onok e"

Menurut saya, dasar dari mempelajari matematika adalah rasa senang dalam mempelajari nya (sebenarnya tidak hanya matematika saja, tapi semua disiplin ilmu juga). Ketika rasa senang telah ditanamkan, pasti nya lebih mudah kita mempelajari dan memahami matematika. 

Saat ini pun telah banyak media untuk mempelajari matematika, seperti buku, tulisan, dan video yang bisa dijumpai saat kita berselancar menggunakan internet. Jadi tidak ada alasan lagi, tidak suka matematika karena guru nya galak atau materi yang disampaikan kurang jelas.

Dalam kesempatan kali ini saya ingin membuat sebuah tulisan terkait bilangan kuadrat. Bilangan Kuadrat adalah sebuah bilangan positif yang di dapat dari hasil perkalian suatu bilangan tertentu dengan bilangan itu sendiri sebanyak satu kali. Bilangan kuadrat selalu dilambangkan (a^2).

Saat saya mencoba mengutak-atik bilangan kuadrat, saya menemukan beberapa hal yang menarik dan mungkin bisa membantu dalam memahami bilangan kuadrat. Di antara nya adalah, sebagai berikut :

Dok. Pribadi

Pertama, pengurangan dua bilangan kuadrat yang berdekatan. Ketika dua buah bilangan kuadrat yang berdekatan dilakukan operasi pengurangan maka akan mendapatkan hasil bilangan ganjil. Untuk lebih mudah memahami nya saya menggunakan barisan bilangan kuadrat, dengan perumpamaan Un dikurangi Un-1 menghasilkan bilangan ganjil (dengan syarat dimulai dari U2).

Dok. Pribadi

Contohnya : U4 - U3 = 16 - 9 = 7

Dok. Pribadi

Kedua, bilangan kuadrat memiliki pola yang unik. Ketika kita menghitung bilangan kuadrat, lama-kelamaan kita akan melihat dan memahami bahwa bilangan kuadrat ini memiliki suatu pola pada hasil kuadrat bilangannya.
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline