Lihat ke Halaman Asli

Fadly Bahari

TERVERIFIKASI

Pejalan Sepi

Macoraba, Sebutan Kota Makkah Dalam Peta Ptolemy

Diperbarui: 25 Januari 2023   16:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Etimologi nama Macoraba: "Kubus/ persegi empat" (dokpri)

Toponim Macoraba ada disebutkan Claudius Ptolemy (hidup sekitar abad ke-2 M) dalam petanya yang merinci nama-nama tempat di jazirah Arab.

Ada beda pendapat di kalangan ilmuwan orientalis mengenai apakah nama Macoraba mengacu pada kota Makkah atau tidak.

Pada pihak yang setuju bahwa Macoraba merujuk pada kota Makkah pun, muncul dua pendapat. Pertama, mengatakan bahwa itu adalah kata Arab Mkrb, yang berarti "kuil." Pendapat kedua mengatakan, nama ini berarti "Makkah yang Agung" (Mecca Raba).

Saya pribadi melihat ada kemungkinan lain. Yaitu bahwa bisa jadi, nama Maco-raba secara harfiah berarti "Kubus/ Persegi Empat": 'Maco' dari kata Arab mukaeab artinya "Kubus/ Persegi"; 'Raba' dari kata Arab 'arba'a atau dari kata Ibrani raba' yang artinya "Empat".

Tampaknya, dalam kasus nama Macoraba, ketika kata mukaeab dan raba' disatukan, terjadi proses morfologis, di mana kata mukaeab mengalami pemendekan (fonetis terakhir e-a-b dihilangkan) kemudian mengalami pertukaran posisi huruf vokal u dan a, yang hasil akhirnya adalah bentuk 'maku'.

Demikianlah, ketika Ptolemy menyebut Makkah dengan sebutan "kubus/ persegi empat", pada dasarnya ia mengacu pada bangunan Ka'bah yang berbentuk kubus persegi empat sebagai landmark Makkah.

Bentuk etimologi ini dengan sendirinya mengisyaratkan bahwa sejak di masa awal Masehi, bangunan Ka'bah telah populer hingga menjadi landmark atau fitur geografis wilayah jazirah Arab.

Makna "kubus/ persegi empat" untuk nama Macoraba ini pun pada dasanya selaras dengan makna kata Ka'bah yang berarti "kubus".

Nama Macoraba dalam peta Ptolemy (dokpri)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline