Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa Perikanan UMM Melatih Jiwa Kewirausahaan dengan Praktek Usaha Budidaya Nila Monosex

Diperbarui: 17 Desember 2020   20:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok. pribadi

Praktek Usaha Perikanan atau aquapreneurship merupakan tugas akhir ataupun mata kuliah wajib 8 sks Program Studi Akuakultur, Jurusan Perikanan, Universitas Muhammadiyah Malang. Praktek Usaha Perikanan atau yang biasa disebut PUP merupakan bentuk implementasi mata kuliah dan bertujuan untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan khususnya dalam bidang perikanan budidaya. 

Praktek Usaha Perikanan yang dilakukan oleh CV Nila.id Perikanan UMM merupakan jenis praktek usaha dengan judul Pembesaran Ikan Nila Monosex dengan output penjualan ikan nila segar, frozen, dan ikan nila  bumbu. CV Nila.id beranggotakan 3 orang diketaui oleh Muhammad Ahludz Dzikri, bagian keuangan Onie Ariyanti, dan bagian marketing Erika Nur Halimah, dengan dosen pembimbing yaitu Anis Zubaidah S.Pi, M.Si.

Praktek usaha yang dilaksanakan oleh CV Nila.id mengusung tema yaitu Pembesaran Ikan Nila (Oreochromis niloticus) Monosex dengan Sistem Intensif. Menurut Erika selaku anggota CV Nila Id “Ikan nila merupakan ikan yang banyak diminati oleh konsumen, dan pemilihan benih ikan nila monosex bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan ikan karena ikan monosex merupakan ikan nila jantan yang pertumbuhannya relative lebih cepat dibandingkan nila betina”.

dok. pribadi

Budidaya ikan nila dilakukan dari alur persiapan kolam, pengapuran, pemupukan, penebaran benih, manajemen pakan, manajemen kualitas air, panen dan pasca panen. Output dari CV Nila id yaitu ikan nila yang dijual per/kg dalam keadaan segar dan kemasan frozen.

Tidak hanya menyediakan ikan nila segar saja tetapi juga menyediakan ikan nila bumbu dengan nama produk BUNIL (Bumbu Nila), BUNIL merupakan produk olahan yang siap goreng, dimana ikan nila sudah dibersihkan dan diberi bumbu sehingga konsumen bisa langsung memasak tanpa harus membersihkan dan memberi bumbu. 

Onie Ariyanti menyatakan “BUNIL ini merupakan produk sasaran utamanya adalah mahasiswa, dimana kita memberikan produk ikan nila yang dimana mayoritas mahasiswa ingin mengkonsumsi ikan tetapi malas untuk membersihkan dan memberi bumbu, harapannya dengan adanya produk BUNIL ini dapat memenuhi kebutuhan asupan makan ikan dikalangan mahasiswa, kami juga memberikan fasilitas gratis ongkir untuk pembelian di area kampus III Universitas Muhammadiyah Malang”.

dok. pribadi

Aquapreneurship tidak hanya melatih mahasiswa untuk berwirausaha tetapi disini mahasiswa juga belajar budidaya ikan dengan hasil implementasi mata kuliah yang dilaksanakan secara teori maupun implementasi hasil praktikum dan praktik kerja lapang. 

Menurut M. Ahludz Dzikri “Praktek usaha ini memberikan kesibukan baru bagi kami di akhir semester, saya sebagai anggota lebih bisa belajatr langsung dalam hal budidaya dan manajemen budidayanya, dimana kami selalu memberikan pakan untuk ikan, dan manajemen budidayanya”. Marketing penjualan dan segala bentuk publikasi kegiatan CV Nila.id memiliki akun social media berupa Instagram, facebook, Whatsapp, dan youtube.

Menurut pelanggan setia BUNIL yang merupakan mahasiswa “ Lebih mempermudah untuk memperoleh lauk ditengah tengah banyaknya aktifitas, dengan lansgung siap goreng dan dijamin kemanan dan kehigienisan dalam pengolahannya, harganya lebih terjangkau, ordernya mudah, dan yang paling penting rasanya tidak perlu diragukan lagi, terimakasih nila.id sudah memberikan produk yang mempermudah mahasiswa untuk bisa membeli lauk yang sehat dan higienis” Ujar Fia Sulis




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline