Lihat ke Halaman Asli

Kaisar Naruhito Siap Naik Tahta, Apa yang Jepang Harapkan dari Penguasa Barunya?

Diperbarui: 30 April 2019   17:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pemerintahan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Putra Mahkota Naruhito, yang pada hari Rabu naik tahta Krisan menjadi kaisar ke-126 Jepang, telah berjanji untuk membawa monarki tertua di dunia lebih dekat kepada orang-orang.

Pada bulan Februari ia secara eksplisit bersumpah untuk melanjutkan warisan ayahnya, khususnya dalam meruntuhkan penghalang antara kaisar dan rakyatnya.

"Saya ingin sungguh-sungguh memenuhi tugas saya dengan selalu dekat dengan orang-orang, dan berbagi dengan mereka suka dan duka mereka," katanya.

Hironomiya Naruhito Shinno, lebih dikenal sebagai Putra Mahkota Naruhito, lahir di Tokyo pada Februari 1960, anak tertua Kaisar Akihito yang turun tahta pada Selasa dan istrinya Michiko.

Mereka yang mengenal Naruhito, menggambarkannya sebagai "sederhana, menawan, dan cerdik," kata Jeffrey Kingston, direktur Studi Asia di Universitas Temple di Jepang.

Dia menjadi kerajaan Jepang pertama yang belajar di luar negeri, menghabiskan dua tahun di Universitas Oxford di Inggris, menulis tesis tentang merkantilisme abad pertengahan di Sungai Thames, sebelum kembali ke Tokyo dan almamaternya, Universitas Gakushuin, untuk studi doktoral.

Kepribadian santai dan selera humor dari Naruhito anglophile bersinar dalam bukunya "The Thames and I: A Memoir of Two Years at Oxford."

Sekarang dia harus keluar dari bayang-bayang ayahnya dan membuktikan dirinya sebagai pemimpin modern.

Naruhito, yang telah menjalankan beberapa tugas ayahnya, akan mengantar era "Reiwa erek erek" - yang namanya termasuk karakter "harmoni" - ketika ia naik tahta pada 1 Mei.

"Itu adalah nama pemerintahannya untuk dibentuk melalui tindakan dan gerak-geriknya," kata Sito Rasulina, seraya menambahkan bahwa tantangan Naruhito dalam mendefinisikan zamannya adalah untuk menghindari "dikooptasi oleh politisi Jepang yang cenderung kanan."

Tradisi yang ketat

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline