Lihat ke Halaman Asli

Endro Satriyo Wicaksono

Mahasiswa IAIN Kendari

Dasar-dasar Pemasaran Konsep dan Ruang Lingkup

Diperbarui: 23 Maret 2024   20:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

1. Pentingnya pemasaran

Pemasaran merupakan hal yang fundamental dalam dunia bisnis, mengingat bahwa peranan pemasaran sebagai media promosi barang ataupun jasa yang yang ditawarkan sehingga sampai kepada konsumen.

Dalam dunia bisnis, setidaknya ada tiga hal penting yang harus diperhatikan yakni produksi, pemasaran, dan distribusi. Pemasaran adalah sumber informasi bagi para konsumen sebagai penarik minat terhadap barang dan jasa yang ditawarkan. Terkadang, barang dan jasa dengan kualitas yang baik akan kalah saing dengan kompetitor yang memiliki pemasaran yang baik, mengingat di-era digitalisasi publikasi terhadap produk akan sangat mempengaruhi penjualan.

 Sekarang di-era berkembangnya pengetahuan pemasaran juga dapat di-aplikasikan bukan hanya dalam dunia bisnis, ada banyak bidang yang membutuhkan pemasaran Contohnya institusi pendidikan, organisasi kemasyarakatan, dan lain sebagainya.

2. Ruang lingkup pemasaran

 Pemasaran adalah segala bentuk aktivitas yang berkaitan dengan identifikasi kebutuhan konsumen, distrubusi, promosi, penetapan harga produk serta pelayanan kebutuhan konsumen.

Dulunya pemasaran hanya dipakai di bidang bisnis saja, namun kini sudah banyak bidang yang membutuhkan konsep pemasaran. Contohnya institusi pendidikan, dan organisasi kemasyarakatan sebagai penyebar informasi  dan citra kelembagaan sebagai daya tarik bagi masyarakat umum.

Pemasaran memiliki beberapa ruang lingkup. Secara spesifik terdapat lima ruang lingkup pemasaran yakni:

A. Organisasi 

Pemasaran dipakai untuk meningkatkan citra perusahaan di mata publik. Organisasi bertugas untuk merancang kegiatan perusahaan agar berjalan dengan baik. Selain itu, organisasi juga bertanggung jawab pada perancangan produk, riset pemasaran, promosi dan distribusi.

B. Pasar

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline