Lihat ke Halaman Asli

Elgi

Editor

Memulai Bisnis Kue Rumahan

Diperbarui: 18 Mei 2022   21:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Di jaman new normal seperti ini, menurut saya adalah waktu yang pas untuk kita memulai ataupun membuka usaha. Dan beberapa bulan belakangan ini, saya sedang fokus untuk mengembangkan usaha saya yaitu membuat kue ulang tahun, atapun kue kue lainnya.

Pada awal saya membangun bisnis adalah dengan door to door, atau dari pintu ke pintu, seperti tetangga saudara ataupun teman. Dari situlah orang orang baru mengenal kue yang saya buat, dan ketebulan banyak disukai juga. Modal yang saya keluarkanpun relatif terjangkau, dan biasanya juga saya sudah menyiapkan kue cadangan agar nanti jika ada yang order, prosesnya akan cepat selesai.

Hal yang saya sangat senang adalah ketika hari hari besar datang, contohnya seperti hari raya idul fitri dan lain sebagainya. Pada hari besar seperti itu, banyak sekali orderan masuk untuk membuat kue nastar ataupun kue lainnya. 

Karna memang keunikan dan rasa yang saya sajikan kepada pembeli, membuat mereka datang lagi dan lagi ketika meraka ada acara untuk ulang tahun maupun acara besar lainnya.

Namun sekali lagi, memang tidak mudah dalam membangun usaha. Tapi saya harus katakan, tidak ada yang tidak mungkin selama kita tidak mencobanya.

Saya ada beberapa tips untuk teman teman yang baca artikel saya ini. Untuk memulai usaha, jangan pernah merasa tidak percaya diri, sifat optimis juga harus di tumbuhkan ketika kita mau memulai suatu usaha. Dan yang penting juga jangan lupa untuk menanyakan kepada pelanggan tentang bagaimana rasa dari produk anda.

Buat temen temen yang memiliki bakat dalam membuat kue seperti saya, dan ingin membangun usaha. Pertama temen temen harus menyiapkan setidaknya alat alat untuk membuat kuenya. Alat-alat tersebut sebagai berikut:

1. Kue Oven

2. Penocok adonan

3. Pralatan kue mixer

4. Standing mixer 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline