Lihat ke Halaman Asli

Elda Marina Sibuea

Content Writer

LintasPreneur 2021: Pentingnya Memperhatikan Branding dan Cara Membuat Konten Ala Jordan Susantio

Diperbarui: 20 November 2021   12:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: The Entrepreneurs Society

Materi kedua dari LintasPreneur 2021 hari kedua ini menampilkan webinar dengan topik "Branding to Community: Pentingnya Membangun Komunitas bagi Sebuah Brand". Sesi kali ini dibawakan oleh Jordan Susantio, Co-founder dari Hello Monday Morning.

Sejak kuliah, Jordan memang sudah aktif menggeluti bidang bisnis. Hal ini sejalan dengan tekadnya untuk mulai bekerja dari semester satu, tanpa meminta uang kepada orang tuanya. Jordan berhasil melatih etos kerja sejak zaman kuliah. Dia sudah sejak awal menyadari bahwa ada jarak antara etos kerja ketika kuliah dengan etos kerja setelah lulus.

Setidaknya ada 12 bisnis yang pernah ia coba dan semuanya mengalami jatuh bangun. Menurut pria yang akrab dipanggil Jordan ini, memulai sesuatu memang butuh keberanian. Maka, ia berani membangun bisnis apa saja. Tapi ketika mengalami kebangkrutan, Jordan mulai berpikir, "Keberanian saja tidaklah cukup. Perlu ilmu yang harus terus dipelajari."

"Coba berani untuk salah, karena kesalahan yang akan membuat kita menjadi lebih oke," ujarnya dalam sesi sharing.

Jordan akhirnya mendalami bidang digital marketing yang dianggap semakin dibutuhkan dewasa ini. 

"Attention is the new currency. Jadi, saya membuat akun sebanyak-banyaknya yang bisa menunjang attention. Tapi harus memikirkan dulu market apa yang ingin disasar, baru membuat akunnya," jelas Jordan.

Manusia tidak bisa menyelesaikan masalah baru dengan solusi yang sama. Jadi setiap hari harus terus belajar, termasuk mempelajari digital marketing. Pada faktanya, internet mengalami perkembangan yang sangat pesat. Itu akan menjadi alat percepatan yang strategis jika pembisnis memahaminya,. Tapi sebaliknya, akan tertinggal jika tidak memahami perkembangan internet.

Pada awalnya internet sebagai sarana informasi (Web 1.0). Kemudian, internet berkembang sebagai sarana komunikasi (Web 2.0). Lalu, kini internet sudah bisa sebagai sarana untuk konsumsi, brand, dan membangun aset (Web 3.0). Pemahaman terhadap perkembangan internet inilah yang menjadi kunci untuk membangun masa depan.

Jordan juga menjelaskan cara membuat konten yang efektif untuk menaikkan branding dan meningkatkan perkembangan bisnis. Ada pilar-pilar konten yang harus diperhatikan. Hal terpenting dari konten adalah bisa membuat customer semakin peduli terhadap brand. Konten yang sering digunakan untuk menarik perhatian customer ialah yang memuat practical, emosional, dan mengandung nilai sosial.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline