Lihat ke Halaman Asli

I Ketut Suweca

TERVERIFIKASI

Dosen - Pencinta Dunia Literasi

Menjaga Perempuan Indonesia Sehat, Apa yang Bisa Dilakukan?

Diperbarui: 22 April 2021   14:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Perempuan-lah yang menentukan kualitas generasi penerus yang dilahirkan dan dirawatnya.| Sumber: Thinkstockphotos via Kompas.com

Begitu berbicara tentang perempuan, apa yang terpikir oleh Anda, terutama kaum laki-laki? Apakah perempuan itu adalah sasaran nafsu laki-laki belaka? Apakah perempuan itu harus berada di dapur dan mengurus anak saja? Tidak perlu mendapat pendidikan yang baik? Jika demikian pandangan Anda terhadap perempuan, sungguh pandangan yang perlu ditinjau ulang!

Penentu Generasi Masa Depan

Lalu, bagaimana? Perempuan adalah ia yang menentukan generasi Indonesia masa depan. Kalau perempuan tumbuh dengan baik, sehat lahir dan batin, niscaya pada waktunya ia akan bisa melahirkan generasi penerus yang sehat dan berkualitas.

Sebaliknya, jika diperlakukan dengan tidak baik, kesehatannya pun tidak dipedulikan, bukan tidak mungkin darinya akan terlahir generasi stunting, generasi yang tidak bisa diandalkan untuk masa depan Indonesia yang lebih baik.

Oleh karena itu, perempuan benar-benar harus terjaga eksistensinya sejak dalam kandungan hingga ia tumbuh menjadi remaja, dewasa, hingga tua.

Ingatlah, perempuanlah yang paling dekat dengan anak-anaknya, bukan pria, sebagai suaminya. Intensitas waktu untuk berinteraksi kaum perempuan sebagai ibu dengan anak-anaknya pada umumnya jauh lebih banyak daripada ayahnya, bahkan dibanding dengan siapa pun.

Perempuan sehat melahirkan generasi sehat (Sumber: futuready.com)

Sebagai orangtua, perempuan-lah yang menentukan kualitas generasi penerus yang dilahirkan dan dirawatnya. Dari tangan perempuan yang sehat lahir dan batin, akan lahir generasi penerus yang berkualitas dan sehat pula.

Oleh karena itu, yang pertama-tama harus dilindungi adalah kaum perempuan dari hambatan dan gangguan dalam pertumbuhannya menjadi manusia dewasa.

Siapa yang seharusnya menjaga dan melindungi kaum perempuan dari berbagai macam kemungkinan hambatan atau kesulitan dalam proses pertumbuhannya?

Pertama, perlindungan pihak eksternal.

Keluarganya sendirilah yang pertama-tama mesti memerhatikannya. Memerhatikan kesehatannya, pendidikannya, dan perlindungan secara menyeluruh.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline