Lihat ke Halaman Asli

Gobin Dd

TERVERIFIKASI

Orang Biasa

Debut Perdana: Efek Luar Biasa dari Xavi Hernandez dan Sentuhan Optimis dari Steven Gerrard

Diperbarui: 27 November 2021   04:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Xavi Hernandes memulai karir kepelatihannya bersama Barca pekan ini. Foto: AFP/Lluis Gene via Kompas.com

Laga pekan ini menyajikan performa beberapa pelatih baru di liga-liga Eropa. Dari kompetesi La Liga Spanyol, Xavi Hernandez memulai debutnya sebagai pelatih bersama klub masa lalunya Barcelona kontra Espanyol.

Sementara itu, di Liga Inggris Steven Gerrard yang merupakan mantan legenda Liverpool memulai karir kepelatihannya di Aston Villa.

Antara Xavi dan Gerrard hampir mempunyai kesamaan yang persis sama. Keduanya adalah mantan pemain yang berposisi gelandang dan melegenda di era yang hampir sama.

Xavi menghabiskan sebagian besar waktunya berkarir sebagai pemain di Barca sebelum pergi dan pensiun sebagai pemain di Qatar. Sebaliknya, Gerrard memberikan tenaga dan waktunya bermain bagi Liverpool dan kemudian pensiun di Liga MLS, Amerika Serikat.

Debut kedua pelatih yang berstatuskan legenda ini berjalan mulus. Tim mereka berhasil meraih kemenangan.

Tak gampang untuk memulai sebuah debut. Apalagi debut kedua pelatih ini terjadi pada situasi tim yang sementara timpang.

Efek Besar Xavi Hernandez 

Xavi berhasil mengantarkan Barca pada kemenangan kontra dalam derby Catalonia. Gol dari titik penalti yang dicetak oleh Memphis Depay sudah cukup memberikan poin penuh bagi Barca dan menenangkan adrenalin Xavi di pelatih baru.

Bukan saja kemenangan yang hadir dari efek kehadiran Xavi. Akan tetapi, soal taktik yang dimainkan oleh mantan pelatih klub Al Sadd, Qatar ini.

Selain tetap memercayakan para pemain muda didikan akademi seperti Nico Gonzales dan Gavi, secara mengejutkan Xavi memainkan Ilias Akhomach di lini depan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline