Lihat ke Halaman Asli

DONY PURNOMO

Pengajar dan Penulis

Tips Membangkitkan Semangat Bekerja Setelah Liburan

Diperbarui: 21 Juni 2018   08:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar: Ilustrasi kembali bekerja (sumber:www.workingmums.co.uk)

Libur lebaran telah usai, kini sudah saatnya para karyawan swasta dan pegawai negeri sipil menjalani kembali rutinitasnya untuk kembali bekerja pada bidang masing-masing. Saat awal bekerja sering kali merasa malas karena masih terbayang-bayang suasana libur lebaran dan capeknya perjalanan selama menempuh arus balik dari kampung halaman.

Agar kembali bersemangat pasca menjalani libur lebaran ada beberapa tips yang dapat dilakukan diantaranya;

Berangkat lebih awal

Waktu keberangkatan merupakan hal yang penting, ketika kita bisa berangkat lebih awal maka secara psikologis kita akan lebih siap untuk menjalanakan rutinitas dalam bekerja.

Segera Adaptasi

Setelah melalui liburan beberapa saat, perlu melakukan adaptasi kembali lingkungan kerja agar suasana kerja yang sebelumnya kembali dalam diri kita. Jika rekan kerja sudah ada di tempat kerja segera lakukan interaksi dengan mereka agar kehangatan suasana kerja kembali bergairah.

Lupakan liburan

Liburan sudah berlalu, maka jadikan itu sebagai kenangan. Pusatkan pemikiran kita untuk kembali berkarya dengan pekerjaan kita masing-masing. Tanamkan pada diri jika liburan bukan untuk membunuh semangat bekerja melainkan menumbuhkan semangat bekerja.

Segera mulai pekerjaan

Saat waktunya bekerja telah dimulai maka segeralah untuk memulai pekerjaan seperti biasanya. Jangan terlalu banyak mengobrol dengan rekan kerja mengenai liburannya karena itu akan menyita energi dan akan mengembalikan suasana hati kita pada liburan. Mulai perlahan rutinitas bekerja yang sebelumnya dijalani agar tidak mengalami kejenuhan.

Jangan lembur dulu

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline