Lihat ke Halaman Asli

Diare adalah Penyakit yang Mudah Dicegah!

Diperbarui: 17 Juni 2015   07:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Image : www.deherba.com

[caption id="" align="aligncenter" width="480" caption="Sumber Image : www.deherba.com"][/caption]

Pasti semua orang pasti pernah mengalami diare. Karena diare adalah sebuah penyakit yang menyerang pencernaan. Padahal pencernaan adalah organ yang tidak pernah berhenti bekerja. Manusia tidak bisa hidup tanpa makan bukan? diare sendiri bisa dikarenakan salah makan, sehingga lambung tidak dapat mencerna makanan maupun minuman yang dikonsumsi. Biasanya penyakit ini disertai dengan mual dan muntah. Sehingga jika tidak ditangani dengan baik maka bisa membuat si penderita terkena dehidrasi.

Setelah terkena dehidrasi maka tentu kemungkinan terburuk adalah penderita bisa mengalami kematian. Meskipun bisa dikarenakan salah makanan atau minuman yang dikonsumsi, tapi sebenarnya diare ini juga bisa menjadi indikasi apakah orang tersebut sedang menderita alergi atau bukan. Bahkan diare juga bisa menjadi indikasi orang menderita stress atau tidak. Karena pengertian diare sendiri adalah terjadinya ketidaksempurnaan usus dalam mencerna benda yang masuk tubuh.

Ketika usus tidak dapat mencerna dengan baik, maka usus akan tertekan. Terjadinya tekanan ini merangsang usus untuk mengeluarkan lebih banyak air, karena menurut usus benda asing ini harus dihancurkan. Pada akhirnya keluar sebagai BAB masih dalam bentuk cairan. Perlu diketahui juga jika diare ini bisa menular, karena dalam feses yang dikeluarkan virus yang bisa menular setiap saat seperti halnya influenza atau flu. Meskipun diare adalah penyakit yang bisa menyerang kapan saja, tetapi sebenarnya bisa dicegah jika kekebalan tubuh anda baik dan kuat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline