Lihat ke Halaman Asli

TB2 Prof Dr Apollo: Beban, Biaya Vs Beban, dan Biaya Pinjaman (PSAK 26)

Diperbarui: 18 Mei 2021   01:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pembahasan

Assamalamualaikum...

Di pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai "Beban". "Beban" yang akan dibahas kali ini bukan beban hidup ya temen-temen tapi disini kita akan membahas akun "Beban" dalam akuntansi.

Saya sangat yakin bahwa temen-temen disini yang mengambil jurusan akuntansi atau manajemen mungkin sudah tidak asing lagi dengan akun yang satu ini. Jadi temen-temen tau tidak apa itu "Beban" ? apakah "Beban" ini akan membuat suatu perusahaan merasa terbebani atau tidak ?

Jadi sebenarnya "Beban" ini apa sih ? Bagaimana pengakuan dan pengukuran pada "Beban" ? Lalu apa ada perbedaan antara "Biaya" dan "Beban" ? Untuk tau jawabannya seperti apa dan lebih tau mengenai "Beban" mari kita simak pembahasan lebih lanjut di bawah ini!

Pembahasan/dokpri

Apa itu Beban (Expense) ?

Definisi Beban (Expense)

Beban  atau bisa disebut juga Expense adalah sesuatu yang harus dikeluarkan guna mendapatkan barang dan jasa yang tidak memiliki nilai manfaat di masa yang akan datang. Dengan kata lain bahwa manfaat dari beban dapat dinikmati hanya dalam jangka waktu satu tahun (satu periode akuntansi). Akun beban berada pada laporan laba rugi yang akan dipertemukan dengan akun pendapatan yang diperoleh suatu perusahaan guna menentukan laba atau rugi pada periode akuntansi.

Beban (Expense) dalam akuntansi sangat penting karena menyangkut laba atau rugi suatu perusahaan dalam menjalankan aktivitas bisnisnya. Semakin besar bebannya maka semakin kecil nilai laba yang diperoleh. Dan sebaliknya, semakin kecil bebannya maka semakin besar nilai laba yang akan diperoleh oleh perusahaan.

Apa saja yang masuk ke dalam kelompok akun Beban ?

mindmap/dokpri

Gambar di atas terdapat 6 jenis-jenis beban berdasarkan perusahaannya yaitu:
  • Beban akrual merupakan masih harus dibayarkan namun pembayarannya dilakukan pada periode selanjutnya.
  • Beban kredit macet (Bad Debt Expense) yaitu beban timbul karena piutang usaha yang masih tertagih.
  • Beban operasional yaitu beban yang menyangkut seluruh kegiatan operasional perusahaan.
  • Beban penyusutan yaitu beban yang terdapat dalam laporan laba rugi. Beban penyusutan timbul karena adanya penggunaan atas manfaat aset berwujud yang digunakan oleh perusahaan.
  • Beban yang ditangguhkan adalah beban yang masih ditangguhkan dikarenakan manfaatnya masih dapat digunakan sampai periode yang akan datang.
  • Beban yang masih harus dibayar (Accrued Expenses) merupakan beban yang belum dibayarkan oleh perusahaan sehingga masih harus dibayarkan. Selama pembayaran belum dilaksanakan beban ini dicatat sebagai hutang beban.
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline