Lihat ke Halaman Asli

Dimas Bayu

Mahasiswa

Cahaya Dakwah Iman dan Amal Sholeh di Masjid Ar-Rahmah, Kp. Rambutan Jakarta Timur

Diperbarui: 31 Januari 2023   07:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Jakarta, Jumat 6 januari 2023. 

Jamaah Masjid AR-Rahmah, Yang Dirahmati oleh Allah Swt.

Iman dan Amal Shaleh merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan karena apabila salah satu dari keduanya tiada maka kesempurnaan dari salah satunya akan berkurang. Iman tanpa amal itu hampa sedangkan amal tanpa iman itu percuma. Iman adalah fondasi sedangkan amal adalah implementasi.

Hal ini terlihat dari sabda Nabi SAW: “Allah tidak menerima iman tanpa amal perbuatan dan tidak pula menerima amal perbuatan tanpa iman.” (HR. Ath-Thabrani).

Allah ta’ala menjanjikan bagi siapa saja yang menggabungkan antara iman dan amal shaleh akan mendapatkan kehidupan yang baik di dunia maupun akhirat. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Qur’an Surah An-Nahl : 97 :

مَنْ عَمِلَ صَالِحًا مِنْ ذَكَرٍ أَوْ أُنْثَىٰ وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَنُحْيِيَنَّهُ حَيَاةً طَيِّبَةً ۖ وَلَنَجْزِيَنَّهُمْ أَجْرَهُمْ بِأَحْسَنِ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.(QS. An-Nahl:97)

Jamaah yang dirahmati Allah Swt

Perkara yang paling penting dalam hidup dan kehidupan manusia adalah iman. Manusia bernilai dihadapan Allah SWT apabila memiliki iman di dalam hatinya, walaupun dia orang miskin dan melarat atau sengsara tapi memiliki iman maka dia adalah lebih baik dari dunia dan segala isinya. Suatu saat Allah SWT akan menghancurkan bumi ini tapi orang yang memiliki iman walau hanya sebesar dzarrah dan berusaha menyempurnakan akan dimuliakan oleh Allah SWT dan akan diberikan surga yang luasnya sepuluh kali dunia.

Segala sesuatu dihadapan yang Maha Besar akan bernilai besar. Iman bernilai besar dihadapan Allah SWT., begitu juga dosa kecil yang kita anggap remeh adalah besar dihadapan Allah SWT. Demikian besarnya nilai iman, sehingga syetan kadangkala lebih tahunilai iman disbanding manusia itu sendiri. Yang selalu di usahakan oleh syetan setiap saat adalah bagaimana mencuri iman seseorang. Syetan tidak pernah berusaha mencuri harta, kendaraan, rumah atau anak istri kita. Sekalipun diberikan kepada syetan, dia tidak berminat. Sementara manusia sibuk setiap saat berusaha mendapatkan benda benda itu , sehingga lupa berusaha menyempurnakan iman yang diinginkan Allah SWT dan Rasul-Nya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline